get app
inews
Aa Text
Read Next : 5 Kesempatan Bisnis Produk Kecantikan dengan Keuntungan Besar

Ingin Membuka Bisnis Kurir? Inilah Ide dan Tips Memulainya

Senin, 29 Agustus 2022 | 15:43 WIB
header img
Cara Membuka Bisnis Kurir. (inews.id)

4. Keragaman Jasa dan Produk

Agar bisnis kurir ini bisa bertahan dan unggul dari kompetitor, anda bisa menawarkan paket yang berbeda seperti pengiriman paket atau dokumen, paket antara jemput paket ke ekspedisi, paket membeli barang pesanan dan pengantaran barang itu ke pelanggan dan layanan jasa COD (Cash on Delivery).

Bahkan juga ada beberapa jasa kurir yang menawarkan jasa untuk mengantre tiket untuk jasa transportasi dan hiburan seperti tiket bis, tiket kereta api, tiket bioskop sampai tiket konser. Anda juga bisa menawarkan jasa pembelian minuman dan makanan untuk menambahkan keragaman jasa yang ditawarkan.

Karena kompetisi yang akan dihadapi bukan hanya dari sesama jasa kurir offline tapi juga online, anda harus memastikan jika bukan hanya terfokus pada pelanggan individual tapi juga instansi sampai perusahaan, sehingga bisnis anda tetap berjalan dengan baik.

5. Penanganan Resiko

Dalam menjalankan bisnis, anda harus siap dengan semua risiko yang mungkin terjadi, misalnya cuaca buruk, kecelakaan di jalan raya, kerusakan di kendaraan, sampai kepadatan lalu lintas. Kendala ini tentu saja bisa menghambat operasional usaha anda. Selalu siapkan diri dengan rencana cadangan sehingga operasional usaha terus berjalan.

Masalah lain dapat terjadi dari masalah komunikasi misalnya salah alamat karena kesalahan pihak administrasi atau ketertinggalan pengiriman barang. Untuk menghindari hal itu, anda bisa memberi kompensasi untuk pelanggan yang barangnya terlambat diantar atau mungkin tidak menjanjikan ketepatan waktu jika lalu lintas sedang padat. Selain itu, berilah jaminan atas barang yang diantarkan, misalnya ganti rugi jika barang hilang atau rusak.

6. Prioritaskan kualitas pelayanan

Untuk jasa kurir, keuntungan anda sangat ditentukan oleh kepuasan pelanggan. Bila pelanggan puas, pelanggan akan membantu anda untuk mempromosikannya untuk orang lain atau kembali memakai jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, selalu pastikan jika dalam operasional anda, selalu dahulukan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.
 

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut