get app
inews
Aa Read Next : Inilah 3 Resiko Konsumsi Coklat yang Berlebihan untuk Kesehatan

Mengolah Kakao Menjadi Coklat Dengan Mudah untuk Pemula

Rabu, 31 Agustus 2022 | 15:23 WIB
header img
Ilustrasi Kakao (okezone.com)

Suhu pengeringan sebaiknya antara 55-66  ºc dan waktu yang dibutuhkan bila memakai mesin pengering antara 20-25 jam, sedang bila dijemur waktu yang dibutuhkan ± 7 hari apabila cuaca baik, tetapi apabila banyak hujan penjemuran ± 4 minggu. Bila biji kurang kering pada kandungan air diatas 8% biji mudah ditumbuhi jamur.

5. Sortasi Kakao

Proses sortasi ini dilakukan untuk memisahkan biji yang baik dengan yang cacat, atau juga kuli dan daun-daunan yang terikut. Proses ini dilakukan setelah 1-2 hari biji kakao pasca pengeringan

6. Pengemasan

  • Biji kakao yang terseleksi selanjutnya dimasukkan ke dalam karung goni supaya kelembabannya terjaga, tidak disarankan menggunakan karung plastic, karena akan menimbulkan efek panas pada biji yang dapat cepat merusakkan biji kakao.
  • Penyimpanan biji kakao diletakkan ditempat yang kering dan ditempatkan diatas alas papan dihindarkan kontak dengan bau-baun atau kontak lantai langsung.

Secara singkat, proses pengolahan kakao diatas dapat disingkat dengan menggunakan mesin kakao yang terdiri dari mesin pemecah buah dan pemisah biji,  mesin pemisah lendir, mesin pengering kakao dan mesin sortasi kakao.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut