get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Memulai Usaha Cilok Kaki Lima yang Menguntungkan, Anti Ribet!

Punya Keinginan Usaha Showroom Jual Beli Motor Bekas? Begini Caranya

Rabu, 31 Agustus 2022 | 22:56 WIB
header img
Cara Usaha Showroom Motor Bekas. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Saat ini usaha jual beli motor bekas adalah usaha yang menarik untuk dijalankan. Apalagi bila melihat keperluan kendaraan roda dua yang semakin tinggi. Meski sayangnya, ini tidak dibarengi dengan harga baru kendaraan yang malah semakin mahal.

Tentu saja ini membuat beberapa orang lebih memilih membeli kendaraan bekas dibandingkan dengan motor baru, yang membuat usaha showroom motor bekas semakin menjanjikan. Tapi, umumnya ada masalah yang membuat usaha ini urung dijalankan, salah satunya ialah masalah modal.

Ya, modal yang dibutuhkan untuk membuka showroom motor memang tidak sedikit. Tetapi hendaknya tidak perlu berkecil hati, untuk mengatasinya Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha!

Cara Memulai Usaha Showroom Motor

Nah, meskipun mendapatkan pinjaman modal usaha, Anda tidak dapat begitu saja langsung memulai usahanya. Karena ada berbagai hal yang perlu diperhatikan dengan baik saat merintis usaha showroom motor, di antaranya:

1. Cermat memilih motor yang dijual

Pertama, karena nanti Anda akan menjual kendaraan bekas, karena itu penting untuk menunjuk motor yang layak. Memang, motor yang Anda jual sebagai kendaraan bekas yang telah digunakan oleh seseorang, tapi tidak ada salahnya mencari kendaraan dengan kondisi bagus, kan?

Oia, hindari menunjuk barang dagangan dengan melihat keadaan fisik motor saja yaa... Anda harus juga memeriksa kondisi mesinnya. Cara ini harus dilakukan supaya biaya service tidak membengkak. Sehingga dana dari pinjaman modal usaha bisa digunakan untuk kebutuhan yang lain.

2. Lakukan perbaikan dengan maksimal

Kemudian, perlu dicermati jika kondisi motor bekas yang maksimal baik dari dalam atau dari luar memiliki nilai tertentu. Bahkan juga, kondisi yang maksimal dapat membuat Anda mematok harga yang lebih tinggi.

Oleh karenanya, sebelum motor dijual kembali, pastikan telah melakukan perbaikan dengan maksimal. Contohnya saja saat suara motor kurang mulus, Anda dapat men-service sebelumnya.

3. Cek pajak kendaraan

Lalu, cek pajak, karena sekarang ini semakin banyak pajak kendaraan yang tertunggak. Jika semakin panjang tunggakan kendaraan, umumnya akan semakin murah harga motor. Jangan sampai Anda telah menghabiskan banyak dana dari pinjaman modal usaha, namun motor tidak dapat dijual dengan maksimal karena masalah pajak.

Karena itu, saat membeli barang dagangan nanti, Anda dapat mengecek masalah pajak dengan jeli. Hindari membeli barang dagangan dengan pajak kurang dari 1 bulan, karena risikonya jika dalam jangka waktu itu motor belum terjual, Anda harus membayar beberapa pajak.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut