get app
inews
Aa Read Next : 7 Cara Merawat Ikan Molly Supaya Cepat Besar bagi Pemula

Begini Cara Sederhana Usaha Ternak Maggot Bagi Pemula Dijamin Sukses

Sabtu, 03 September 2022 | 10:41 WIB
header img
Cara Sederhana Usaha Ternak Maggot . (okezone.com)

BATU, iNews.id - Cara ternak maggot mungkin masih asing untuk sebagian orang. Tetapi anak lalat ini sebagai sumber pakan alami untuk ikan dan hewan ternak yang bergizi tinggi. Selain potensial, ternak maggot juga menguntungkan.

Di periode pandemi saat ini, usaha ternak sebagai salah satu solusi terbaik untuk tidak terlalu berbaur dengan orang-orang, sehingga terhindar dari resiko paparan Covid-19.

Jadi secara tidak langsung, seorang peternak sudah membantu program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus ini.

Salah satu peluang usaha yang potensial saat ini adalah usaha ternak maggot. Alasan dimaksud potensial tidak lain karena tingginya kebutuhan pasar pada maggot yang saat ini dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

Tetapi tahukah Anda apakah itu maggot? Maggot adalah larva atau anakan dari lalat Black Soldier. Jenis ini lalat ini berbeda dengan lalat sampah yang menyebarkan penyakit.

Lalat Black Soldier bukan vektor penyakit seperti lalat sampah. Black Soldier justru sebagai jenis lalat yang bersih. Mereka hanya makan sampah organik, yang sering menjadi problem untuk lingkungan kita.

Karena makanannya sampah organik seperti buangan sayur, buah dan sebagainya. Karenanya maggot kaya dengan kandungan protein dan asam amino yang lengkap. Karena itu maggot menjadi pakan alternatif bergizi tinggi untuk ikan dan hewan ternak.

Agar usaha berternak maggot sukses dan memberikan hasil sesuai harapan, penting untuk mengetahui tata cara ternak maggot yang betul khususnya untuk seorang pemula. Yuk langsung saja baca ulasan tata cara itu secara rinci.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Saat Anda ingin memulai usaha ternak maggot, terlebih dahulu perlu menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan itu cukup mudah, misalnya:

  • Ember
  • Dedak
  • Royco (penyedap masakan)
  • EM4 atau Yakult (merk minuman)
  • Air sekucupnya
  • Kantong plastik
  • Gula pasir

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut