get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Merawat Mesin Jahit Dengan Mudah dan Benar

Sukses Usaha Penggilingan Padi di Pedesaan Dengan Untung Melimpah

Sabtu, 03 September 2022 | 15:24 WIB
header img
Ilustrasi Penggilingan padi (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Ada ratusan ribu pemilik usaha penggilingan padi di Indonesia. Sebagian bisa bertumbuh dengan cepat, namun ada yang gulung tikar.

Padi merupakan bahan utama pembuat beras. Sementara beras merupakan bahan utama pembuat nasi yang tak lain adalah makanan pokok orang Indonesia.

Di sinilah peran penting mesin penggiling bekerja. Tanpa digiling, padi tak akan bisa berubah menjadi beras dalam waktu cepat. Artinya, mesin inilah yang menjadi alat utama untuk menyediakan seluruh kebutuhan bahan makanan pokok orang Indonesia.

Strategi dan Panduan Memulai Usaha Penggilingan Padi

Bisnis ini harus dijalankan dengan cara yang tepat agar berhasil. Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk memulainya dari sekarang:

1. Siapkan lahan luas dan strategis untuk membuka usahanya

Lahan yang Anda pilih seharusnya berada di pinggir jalan raya dan luas. Bisnis ini membutuhkan area yang besar. Tak hanya untuk mesinnya, tetapi juga untuk pembuangan limbah, misalnya sekam dan dedak.

Selain itu, Anda mungkin membutuhkan area untuk menjemur padi-padi dari petani apabila ingin sekalian menjalankan bisnis penjualan beras.

Syarat lain yang harus dipenuhi oleh lahan tersebut adalah strategis. Lokasinya harus berada di pinggir jalan raya agar arus kendaraan yang keluar masuk membawa padi dan beras menjadi lancar.

2. Persiapkan modal yang cukup

Untuk memulai usaha ini dibutuhkan modal yang lumayan besar sebab Anda membutuhkan tempat, mesin, pegawai, dan yang lainnya. Semua komponen tersebut tidak ada yang murah. Bahkan mungkin, secara total bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Namun, Anda bisa coba memulai usahanya dari skala kecil dulu bila memang modal yang tersedia tak cukup banyak.

Cara lainnya, cobalah membuka usahanya bersama teman agar bisa berbagi modal dan pendapatan bersama.

3. Tetapkan harga jasa penggilingan padi yang kompetitif

Meskipun persaingan bisnis ini sangat kecil, namun Anda tetap harus menetapkan harga yang wajar. Jangan terlalu mahal.

Hal ini karena sebagian besar masyarakat desa sangat sensitif dengan harga. Mereka lebih suka dengan harga murah.

Saat ada yang lebih murah, meskipun selisihnya kecil, maka mereka akan langsung mendatanginya tanpa berpikir panjang.

4. Pelayanan terbaik

Ini adalah usaha jasa yang pastinya sebagian besar keberhasilannya tergantung pada layanan yang diberikan. Maka dari itu, pastikan Anda memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan yang datang.

Kedatangan mereka adalah bentuk kepercayaan yang harus dijaga dengan sangat baik.

5. Promosi

Salah satu cara promosi yang terbukti berhasil adalah dengan ikut dalam kelompok tani di desa tersebut. Dengan begini, akan ada banyak petani yang mengenal Anda secara personal, juga usaha yang  Anda jalankan.

Cara menjadi juragan beras dari bisnis penggilingan padi

Apabila Anda mau menjadi juragan beras, caranya sangat mudah. Cukup kulak gabah dari para petani. Selanjutnya selep menggunakan mesin penggiling yang ada.

Kalau mau penjualannya makin kencang, cobalah bekerja sama dengan rumah makan besar. Jadilah pemasok beras untuk rumah makan di area tersebut. Dengan begini, Anda akan memperoleh penghasilan pasti setiap bulan.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut