get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kesehatan, Pemdes Kabuaran Laucing Posyandu Integritas Layanan Primer

Dapat Meningkatkan Imun, Ketahui Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh

Senin, 05 September 2022 | 20:24 WIB
header img
Manfaat Buah Kiwi. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Kiwi sebenarnya adalah buah beri yang berukuran besar. Buah satu ini datang dari salah satu spesies pohon merambat genus Actinidia. Kiwi berasal dari negara Cina tapi banyak dibudidayakan di Selandia Baru.

Buah Kiwi memiliki bentuk yang lonjong dan rata-rata memiliki ukuran sama telur ayam. Kulitnya berwarna cokelat kehijauan, berserat, dan dilapisi oleh bulu halus.

Buah kiwi mempunyai rasa asam dan kuat, sehingga cocok dijadikan topping salad atau yogurt saat sarapan dan ngemil. Kiwi mengandung beragam jenis vitamin dan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh.

Manfaat buah kiwi dapat Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara langsung, dibuat smoothies, dijadikan topping yogurt atau es krim. Selain sumber serat dan vitamin C yang bagus, kiwi juga mengandung antioksidan tinggi.

Kandungan nutrisi yang tinggi membuat buah kiwi mempunyai bermacam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beragam manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi buah kiwi:

1. Meningkatkan sistem imun

Buah kiwi mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Jumlah kandungan vitamin C dalam satu gelas buah kiwi bahkan telah sanggup mencukupi kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C ialah zat nutrisi yang berperan penting untuk memperkuat sisitem kekebalan tubuh, khususnya dalam melawan penyakit infeksi yang disebabkan karena bakteri dan virus.

Dalam studi yang dipublikasikan Canadian Science Publishing, konsumsi buah kiwi bisa kurangi durasi waktu penyakit seperti flu pada anak-anak dan orang dewasa.

2. Memelihara kesehatan mata

Penurunan fungsi mata yang dimaksud ialah degenerasi makula, yakni gangguan penglihatan yang biasa terjadi pada usia tua. Degenerasi makula ialah penyebab utama kebutaan.

Konsumsi kiwi dipercaya sanggup melindungi peranan mata dan menurunkan resiko degenerasi makula karena kandungan zeaxanthin dan lutein didalamnya.

3. Melancarkan pencernaan

Buah kiwi sebagai sumber prebiotik sehingga dapat menambah jumlah bakteri bagus untuk membantu proses pencernaan makanan. Manfaat buah kiwi ini bersumber dari kandungan enzim actinidin, serat dan komponen fenolik.

Atas dasar tersebut mengonsumsi buah kiwi dapat mencegah berbagai masalah pencernaan seperti konstipasi, diare, dan mual. Bahkan juga, enzim actinidin yang ada dalam kiwi baik sekali untuk mempercepat perncernaan protein.

4. Mengendalikan tekanan darah

Penelitian Mette S. di tahun 2014 menunjukkan jika zat bioaktif yang terdapat di dalam 3 biji kiwi dapat membantu menurunkan tekanan darah. Maknanya, bila seorang teratur mengonsumsi buah kiwi, resiko dia terkena penyakit stroke atau serangan jantung akan berkurang.

Kiwi mengandung kalium yang telah dikenal dengan kekuatannya dalam menjaga fungsi dan kesehatan jantung. Mineral kalium membantu melemaskan pembuluh darah sehingga peredaran darah lebih lancar dan tekanan darah jadi stabil.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Mengonsumsi buah kiwi berpotensi mengatasi masalah tidur ke orang dewasa. Manfaat ini diduga datang dari anti-oksidan dan serotonin yang terkandung pada buah kiwi. Penelitian dari Taipei Medical University melakukan studi pada orang dewasa berusia 20-55 tahun yang bermasalah dengan pola tidur tidak teratur.

Berikut 5 manfaat buah kiwi dan nilai nutrisi yang menyehatkan tubuh. Kamu dapat tambahkan kiwi untuk menu sehat setiap harinya supaya bisa merasakan manfaatnya untuk tubuh. Semoga bermanfaat ya, guys!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut