get app
inews
Aa Read Next : 7 Manfaat Kucai yang Belum Banyak Diketahui, Bisa Mengatur Tekanan Darah

Nafsu Makan Tak Menentu, Begini Cara Sehat Mengatasinya

Kamis, 08 September 2022 | 08:43 WIB
header img
Ilustrasi Tidak Nafsu Makan. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Menambah nafsu makan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengatur menu makanan dan pola makan. Disamping itu, ada berbagai tips sehat yang dapat Anda terapkan untuk membangkitkan nafsu makan.

Ada beberapa faktor yang bisa mengurangi atau menambah nafsu makan, seperti keadaan fisik dan faktor psikologis. Misalnya saat sakit atau stres, karena itu kita cenderung tidak berselera untuk makan.

Disamping itu, efek samping beberapa obat, pilihan makanan yang ada, atau kekurangan gizi tertentu ikut berkontribusi pada tinggi atau rendahnya nafsu makan.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan

Jangan biarkan nafsu makan hilang sampai beberapa hari karena bisa menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dan alami masalah kesehatan. Berikut beberapa cara yang dapat membantu menambah nafsu makan:

1. Rajin berolahraga

Perlu diketahui jika olahraga bisa menambah nafsu makan. Ini karena aktivitas fisik seperti berolahraga bisa membakar kalori dan menguras energi, sehingga tubuh akan merasa lapar dan butuh makan.

Olahraga membantu tubuh melepaskan zat kimia di otak yang bisa membantu meningkatkan suasana hati dan merangsang nafsu makan. Cobalah berjalan kaki santai atau melakukan olahraga ringan lain seperti yoga, 60 menit sebelum waktu makan.

2. Konsumsi suplemen vitamin penambah nafsu makan

Kekurangan beberapa macam nutrisi, seperti mineral dan vitamin, bisa menurunkan nafsu makan. Oleh karena itu, kamu dapat konsumsi beberapa jenis suplemen menambah nafsu makan, seperti zinc, multivitamin, minyak ikan, dan echinacea.

Tentu saja Anda disarankan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter saat sebelum mengonsumsi suplemen penambah nafsu makan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut