get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Menjaga Kesehatan Rambut Yang Baik Dan Benar

Tips Menggunakan Pembalut Dengan Benar Agar Tidak Mudah Bocor

Jum'at, 09 September 2022 | 09:57 WIB
header img
Ilustrasi Pembalut. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Untuk beberapa remaja putri atau wanita dewasa yang belum terbiasa menggunakan pembalut, mengetahui cara pakai pembalut yang tepat penting untuk dilakukan. Masalahnya kebiasaan penggunaan yang salah dapat memicu beragam gangguan di vagina dan tempat sekitarnya.

Dengan memasang pembalut dengan tepat, karena itu darah yang keluar saat menstruasi dapat tertampung dengan sempurna dan kegiatan harian Anda juga berjalan lancar. Jika salah, karena itu darah bisa saja tembus ke pakaian dalam, membuat Anda perlu segera menggantinya.

Selainnya cara memasang, Anda pun perlu memerhatikan frekuensi pergantian pembalut. Ini berkaitan dengan kebersihan yang penting selalu dijaga selama haid berlangsung.

Pembalut adalah selapis tipis bahan yang ditempelkan ke celana dalam untuk menyerap darah dari vagina selama menstruasi berlangsung.

Tips Menggunakan Pembalut Dengan Benar 

Cara pakai pembalut yang benar ialah sebagai berikut ini.

  • Membuka kemasan pembalut, termasuk lapisan yang menutupi perekatnya di bagian bawah dan sayap (bila menggunakan jenis bersayap).
  • Taruh pembalut di sisi yang mempunyai perekat di tengah celana dalam
  • Untuk pembalut tanpa sayap, posisi depan dan belakangnya biasanya sama saja. Tetapi untuk pembalut yang menggunakan sayap, bagian belakangnya (dekat anus) lebih lebar.
  • Rekatkan semua bagian yang lengket supaya tidak bergeser saat digunakan.
  • Saat pembalut telah merekat sempurna ke celana dalam, gunakan celana dalam seperti biasa.
  • Ada beberapa jenis pembalut. Sebagian menggunakan sayap, sebagian kembali tidak. Ukurannya juga bervariasi, mulai dari yang pendek hingga panjang.

Perbedaan jenis ini dapat digunakan sesuai kebutuhan. Misalnya, saat darah yang keluar masih sedikit, Anda dapat menggunakan pembalut yang tipis dan kecil namanya pantyliner.

Dalam pada itu saat volume darah tidak terlalu banyak, pembalut ukuran sedang bisa dipilih.

Saat volume darah sedang banyak-banyaknya, gunakanlah pembalut yang lebih tebal dan panjang. Pada kemasannya biasanya bertuliskan maxi pads atau super pads.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut