get app
inews
Aa Read Next : Diskon Besar, iBox Tawarkan Berbagai Promo untuk Kejutan Momen Lebaran

Jangan Pernah beli iPhone 14 Disini Daripada Nyesel!

Sabtu, 10 September 2022 | 15:11 WIB
header img
iphone 14 (9to5mac)

BATU, iNewsBatu.id - iPhone 14 barusan diluncurkan dan fanboy Apple di penjuru dunia telah mempersiapkan dompetnya.

Rupanya ada banyak negara di mana kalian dapat memperoleh iPhone 14 pada harga termurah. Kebalikannya, ada pula yang termahal.

Saat peluncuran iPhone 14, Apple ungkap harga handphone terbaru di Amerika Serikat masih sama dengan iPhone 13.

Tetapi tidak di beberapa negara lain di mana Apple meningkatkan harga iPhone 14 karena beragam faktor, terhitung depresiasi beberapa mata uang asing pada dolar AS.

Akhirnya, Amerika Serikat masih jadi negara yang jual iPhone 14 pada harga paling murah, yakni dimulai dari USD 799 untuk iPhone 14 sampai USD 1.099 untuk iPhone 14 Pro Max. Dan bila beli versi unlock alias bebas kontrak harga lebih mahal, dimulai dari USD 829.

Bahkan juga di AS juga harga iPhone 14 seri berbeda di semua tempat. Ini karena pajak yang diputuskan masing-masing negara bagian berlainan, hingga ada negara bagian yang untung memperoleh iPhone pada harga termurah dan ada pula yang terkena harga termahal.

Situs pembanding harga handphone Nukeni juga meringkas harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max di 37 negara.

Harga-harga itu didapat dari situs resmi toko Apple di masing-masing negara.

Harga iPhone 14 di beberapa negara ini bervariasi, bergantung pada mata uang lokal dan pajak di masing-masing negara.

Misalkan, harga di AS dan Kanada muncul dua kali di daftar ini karena pajak lokal di dua negara itu berlainan di masing-masing negara bagian.

Rupanya, negara pada harga iPhone 14 termurah sesudah AS ialah Jepang, dituruti dengan China, Hong Kong dan Kanada.

Di Negeri Matahari Terbit, iPhone 14 dibandrol pada harga dimulai dari 119.800 Yen (Rp 12,5 juta-an) dan iPhone 14 Pro Max dimulai dari 164.800 Yen (Rp 17,1 juta-an).

Lalu, bagaimana dengan negara yang jual iPhone 14 series pada harga termahal? Predikat itu jatuh ke Turki yang keadaan ekonominya akhir-akhir ini sedang limbung.

Harga iPhone 14 di Turki dimulai dari 33.599 lira (Rp 27,3 juta-an), lebih dari 2x lipat harga iPhone 14 tanpa kontrak di AS.

Dan iPhone 14 Pro Max yang disebut variasi termahal dibandrol pada harga 43.999 lira atau sekitaran Rp 35 juta-an.

Disamping Turki, negara yang lain jual iPhone 14 pada harga sangat mahal ialah Brasil, India, Hungaria, Swedia, Denmark, dan Norwegia, seperti diambil dari 9to5Mac.

Kenapa harga iPhone 14 di Turki dapat selangit? Ada faktor-faktor yang memengaruhi, diantaranya krisis ekonomi yang membuat tingkat inflasi melewati 80% pada 20 tahun akhir.

Di tahun 2021, Apple sempat hentikan pemasaran produknya di Turki karena nilai mata uang lira yang jeblok pada dolar AS.

Demikian Apple kembali membuka pemasaran di Turki, harga produk-produknya dinaikkan sampai 25%.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut