7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Kediri Paling Populer, Wajib Dibawa Pulang

Dean Ismail
.
Rabu, 14 September 2022 | 08:35 WIB
Oleh-Oleh Khas Kediri. (inews.id)

KEDIRI, iNewsBatu.id -  Kediri merupakan salah satu kota atau kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Biasanya setelah Idul Fitri, kalian dapat berkunjung ke tempat wisata di Kediri. Kota ini memiliki berbagai wisata alam yang menakjubkan. Bukit Gandrung termasuk salah satu wisata alam populer di Kediri. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan dan fasilitas di area pegunungan. 

Kota Kediri juga dikenal sebagai penghasil tahu yang berkualitas. Produksi tahu Kediri dapat menghasilkan bermacam makanan khas Kediri dari olahan tahu. Kediri menghasilkan tahu kuning yang lebih padat dibandingkan tahu putih. 

Contoh makanan khas Kediri dari bahan tahu yaitu stik tahu, tahu takwa, dan tahu pong. Kota Kediri juga memiliki bermacam camilan untuk oleh-oleh. Berikut ini oleh-oleh khas Kediri yang banyak diminati pengunjung:

Oleh-Oleh Khas Kediri

1. Stik Tahu

Kota Kediri dijuluki sebagai Kota Tahu. Banyak pedagang yang berjualan tahu dengan kualitas yang baik. Stik tahu merupakan salah satu hasil olahan dari tahu. 

Stik tahu dari Kediri menggunakan bahan dasar tahu yang berkualitas, Dalam proses pembuatannya masih menggunakan cara tradisional. Tahu dicuci bersih terlebih dahulu sebelum diolah. Setelah itu tahu dihaluskan dan diberikan tepung maizena dan terigu agar lebih padat. 

Stik tahu menggunakan bumbu seperti garam dan lada agar rasanya gurih. Lalu adonan digoreng dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga berwarna kecoklatan. 

2. Tahu Takwa

Saat anda berkunjung di Kediri tidak lupa untuk mampir memberli tahu takwa. Tahu ini berbentuk persegi, berwarna kuning, dan teksturnya yang padat. Warna kuning pada tahu menggunakan kunyit sebagai pewarna alami. Ketika digoreng tekstur tahu takwa lebih terasa lembut dan kenyal. Anda dapat membeli tahu takwa sebagai lauk makan ataupun camilan. 

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini