get app
inews
Aa Read Next : 4 Rekomendasi Susu Mampu Turunkan Kolesterol, Wajib Dicoba!

5 Manfaat Susu Jahe, Mampu Mencegah Kanker dan Atasi Asam Lambung

Sabtu, 17 September 2022 | 21:35 WIB
header img
Ilustrasi manfaat susu jahe (okezone.com)

BATU, iNews.id - Susu jahe sebagai salah satunya minuman yang terkenal untuk mayoritas warga Indonesia. Pasalnya , manfaat susu jahe untuk kesehatan begitu banyak, sehingga banyak disukai.

Selain nikmat diminum saat cuaca dingin, susu jahe dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh sampai mencegah resiko penyakit jantung. Apakah benar begitu?

Anda bisa menggunakan berbagai jenis jahe untuk mendapat manfaat dari minuman ini.

Dengan catatan, susu yang dipakai bukan susu kental manis atau susu olahan, tetapi susu organik (susu sapi murni).

Beberapa riset mengungkapkan kandungan nutrisi penting dalam susu organik, seperti omega-3, zat besi, dan vitamin E, lebih terjaga daripada susu olahan dan susu kental manis.

Deretan gizi itu berperanan penting memberi beberapa faedah untuk kesehatan tubuh.

Menambahkan susu organik dan jahe juga bisa memberi Anda manfaat kesehatan yang optimal. Lalu apa manfaat susu jahe untuk kesehatan?

1. Tingkatkan daya tahan tubuh

Salah satunya manfaat susu jahe ialah meningkatkan daya tahan tubuh.

Susu organik yang dipakai mempunyai kandungan nutrisi, seperti omega-3, kalsium, fosfor, vitamin A, riboflavin, vitamin B12, protein, kalium, seng, kolin, magnesium, sampai selenium.

Beberapa dari gizi itu berperanan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh hingga kurangi resiko diserang berbagai macam penyakit.

Peranan ini semakin optimal dengan kehadiran jahe yang memiliki kandungan senyawa bioaktif gingerol.

Senyawa ini mempunyai efek anti peradangan dan anti-oksidan yang besar hingga bisa mencegah beragam penyakit.

2. Mencegah kanker

Susu jahe dianggap bisa mencegah resiko penyakit kanker. Kandungan omega-3 yang terdapat di dalam susu organik dipercaya bisa kurangi penyebaran sel radikal bebas penyebab kanker.

Selain itu, susu organik memiliki kandungan kalsium yang berperan penting dalam kurangi resiko kanker usus besar dan rektum.

Peranan ini semakin optimal dengan kehadiran jahe. Tanaman herbal ini memiliki kandungan komponen 6-gingerol yang berperan sebagai zat anti kanker.

3. Turunkan resiko penyakit kardiovaskuler

Manfaat minum susu jahe bagus untuk kesehatan jantung.

Kandungan kalium yang tinggi dalam susu organik bisa menolong melebarkan pembuluh darah dan turunkan tekanan darah hingga turut mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler, seperti stroke dan penyakit jantung.

Peranan ini didukung dengan kehadiran jahe yang menurut beberapa riset, bisa turunkan jumlah cholesterol jahat (LDL) dan trigliserida secara signifikan pada tubuh.

4. Tingkatkan fungsi otak

Minuman susu jahe berguna juga untuk tingkatkan fungsi otak. Sebuah study menjelaskan kandungan nutrisi dalam susu berperan penting tingkatkan fungsi otak dan mencegah penurunan fungsi otak seperti pikun.

Fungsi itu didukung dengan kehadiran jahe.

Lewat kandungan anti oksidannya, jahe dipercaya bisa melindungi badan dari stres oksidatif dan peradangan akut, yang bisa mempercepat proses penuaan.

5. Mengatasi asam lambung

Susu jahe bagus untuk asam lambung. Ini karena jahe punya efek melindungi yang menghambat asam dan menekan bakteri helicobacter pylori.

Kandungan fenol dalam jahe berperan sebagia anti-oksidan dan anti inflamasi yang dapat menolong mengurangi kadar asam lambung.

Tetapi, bila ingin memperoleh manfaat susu jahe ini, pastikan Anda pilih susu rendah lemak. Karena, susu yang bagus untuk asam lambung ialah cuma susu yang memiliki kandungan 0-2.5 % lemak.

Nah itulah beberapa manfaat dari susu jahe. Semoga bermanfaat.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut