get app
inews
Aa Read Next : 5 Kebiasaan Anak Muda Untuk Menghadapi Ancaman Resesi, Patut Dilakukan!

5 Daftar Negara Terkotor di Dunia, Udara Buruk Hingga Air Terkontaminasi

Rabu, 21 September 2022 | 12:15 WIB
header img
negara terkotor di dunia (pexels)

BATU, iNews.id - Umumnya yang sering diberitakan adalah tentang negara paling bersih di dunia, namun taukah anda jika ternyata ada negara terkotor di dunia yang jarang terekspose media? Ternyata negara dengan predikat tersebut benar adanya, dan hal itu dinilai dari jumlah sampah yang ada di negara tersebut.

Selain itu, lingkungan kotor ini tidak cuma terkait dengan sampah. Tetapi, beberapa hal lain seperti pencemaran udara, air kotor atau terkontaminasi ikut jadi tanda lingkungan yang tidak bersih.

Daftar Negara Terkotor di Dunia

Sama seperti yang disentil sebelumnya, ada banyak negara yang masuk ke kelompok negara terkotor di dunia. Berikut beberapa negara yang masuk dalam kategori tersebut yang harus anda ketahui :

1. Bangladesh


bangladesh (pexels)

Salah satunya negara terkotor di dunia ialah Bangladesh. Negara ini mempunyai jumlah penduduk 167 juta warga dengan luasan bangunan yang ditempati yakni 147.000 km². Bangladesh sebagai negara dengan produksi gas rumah kaca paling besar di dunia yang jumlahnya capai 9,8 juta ton di setiap tahunnya lewat industri batu bara yang mereka punyai.

Bahkan juga negara Bangladesh sebagai salah satunya negara yang airnya terkontaminasi pestisida komersial. Sudah pasti ini benar-benar memengaruhi kesehatan warga Bangladesh.

Tidak cuma permasalahan air, negara ini termasuk juga lokasi yang kualitas udaranya buruk. Dhaka sebagai tempat di Bangladesh dengan tingkat kemacetan yang tinggi dan banyak pencemaran udara dari asap motor.

2. India

India sebagai negara paling kotor seterusnya. Negara ini hasilkan sampah capai 62 juta ton di setiap tahunnya. Bahkan juga India diprediksi di tahun 2030 akan capai 165 juta ton sampah. Selainnya jumlah sampah yang banyak, polusi udara di negara ini juga jelek.

3. Pakistan

Negara terkotor di dunia seterusnya yakni negara Pakistan. Pencemaran udara menjadi satu diantara permasalahan khusus yang sekarang ini ditemui oleh negara Pakistan. Lahore sebagai salah satunya kota yang ada di Pakistan dan jadi tempat paling terkontaminasi dalam soal kualitas udara.

Tiap tahunnya bahkan juga negara Pakistan bisa hasilkan 49,6 juta ton sampah padat dan bertambah sekitar 2,4%. Pakistan dijumpai tidak mempunyai infrastruktur untuk memproses sampah yang dibuat, hingga permasalahan lingkungan jadi permasalahan paling serius.


negara mongolia (pexels)

4. Mongolia

Di posisi ke-4 ada Mongolia sebagai negara terkotor di dunia. Mongolia sebagai negara dengan sumber daya hutan rendah dan cuaca yang lumayan keras untuk perkembangan tanaman.

Mongolia bahkan juga alami deforestasi sampai pada akhirnya kehilangan 10% hutan karena kebakaran, gempuran hama, dan penebangan pohon untuk dipakai sebagai bahan bakar. Salah satunya permasalahan paling besar yang ada di Mongolia yakni pencemaran udara yang disebabkan karena pembakaran biomassa dan batubara khususnya di saat musim dingin datang.

Ibu-kota dari Mongolia yakni Ulaanbaatar bahkan juga tertutup asap tebal yang disebabkan karena pembakaran di saat musim dingin.

5. Afghanistan

Negara terkotor di dunia selanjutnya yakni Afghanistan. Sama sesuai pedoman dari WHO kualitas udara yang ada di negara Afghanistan ini dipandang tidak aman atau jelek untuk kesehatan makhluk hidup.

Kualitas udara jelek di negara Afghanistan muncul karena jumlahnya pencemaran industri, bahan bakar dengan kualitas jelek, dan emisi kendaraan. Selainnya kualitas udara yang jelek, kebersihan airnya buruk.

Bahkan juga 80% dari air minum yang dikonsumsi oleh warga Afghanistan terkontaminasi hingga mempunyai imbas jelek untuk kesehatan warga. Tidak itu saja, kasus keracunan makanan di negara Afghanistan ini termasuk cukuplah tinggi.

Tersebut 5 negara terkotor di dunia. Dari keterangan di atas, kita dapat ketahui jika pemicu sebuah tempat jadi kotor benar-benar bermacam, dimulai dari jumlahnya sampah yang dibuat, pencemaran udara, sampai kualitas air di negara tersebut.

Editor : Dean Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut