get app
inews
Aa Read Next : 5 Jalan Raya Terpanjang di Dunia, Nomor 5 Capai 48.000 km Loh!

3 Negara Penghasil Gas Alam Terbesar di Dunia, Dimana Saja?

Selasa, 25 Oktober 2022 | 19:35 WIB
header img
Negara Penghasil Gas Alam Terbesar di Dunia. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Gas alam sebagai salah satu sumber energi yang terbanyak digunakan di dunia. Gas alam merupakan kebutuhan hidup semua orang di dunia ini, karena tanpa gas alam akan banyak permasalahan yang akan terjadi. Ketahui negara penghasil gas alam terbesar di dunia, mana saja ya?

Menurut Pertamina Gas, gas alam adalah sumber energi yang dibuat dari fosil hewan, tanaman, atau mikroorganisme yang sudah tersimpan jutaan tahun di bawah tanah.

Pada tahun 2019 total produksi gas alam di dunia mencapai angka 4 triliun meter kubik. Dengan angka itu beberapa negara di dunia tercatat sebagai penghasil atau produsen gas alam terbesar yang menyumbang sebagian besar kebutuhan gas alam dunia.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa negara penghasil gas alam terbesar di dunia:

3 Negara Penghasil Gas Alam Terbesar di Dunia

1. Rusia

Negara penghasil gas alam terbesar yang berikutnya adalah Rusia. Pada tahun 2019, Rusia menghasilkan sekitar 17 % pasokan gas alam dunia dengan angka sekitar 679 miliar meter kubik. Angka itu meningkat pada tahun 2020 saat produksi gas alam Rusia mencapai 693 miliar meter kubik.

Salah satu perusahaan Rusia, Gazprom menjadi perusahaan produsen gas alam terbesar di dunia dengan menghasilkan sekitar 12 % dari pasokan gas alam dunia dan 68 % produksi gas alam domestik Rusia.

Dilansir NS Energy, Rusia menjadi negara dengan cadangan bahan bakar terbesar di dunia dengan perkiraan angka mencapai 38 tcm, beberapa besarnya terletak di Siberia.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut