Perlu Diketahui, 5 Manfaat Makan Rumput Laut Untuk Kesehatan

Dean Ismail
.
Jum'at, 23 September 2022 | 06:14 WIB
Manfaat Rumput Laut. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Apa itu rumput laut? Rumput laut adalah ganggang yang tumbuh di laut. Mereka sebagai sumber makanan untuk kehidupan laut. Rumput laut bisa tumbuh di sepanjang garis pantai berbatu di seluruh dunia, tapi paling sering dikonsumsi di negara-negara Asia. Perlu dikethaui manfaat makan rumput laut bagi kesehatan tubuh

Dalam beberapa hidangan Asia, rumput laut menjadi sangat serbaguna. Dia digunakan untuk membuat sushi, sup, salad, dan smoothie.

Manfaat makan rumput laut

Dilansir dari Healthline, berikut 5 manfaat makan rumput laut untuk kesehatan:

1. Rumput laut mendukung fungsi tiroid

Tiroid bergantung pada yodium untuk memproduksi hormon. Tanpa yodium yang cukup, tubuh akan mengalami gejala seperti kelelahan atau pembengkakan leher.

Rumput laut mempunyai kemampuan unik untuk menyerap yodium dalam jumlah yang terkonsentrasi dari laut. Kandungan yodium rumput laut sangat bervariasi, bergantung pada jenis, tempat tumbuh, dan proses pengolahannya.

2. Rumput laut adalah sumber mineral dan vitamin


Rumput Laut. (okezone.com)

Menaburkan rumput laut kering pada makanan tidak hanya menambah struktur dan rasa, tapi juga meningkatkan asupan mineral dan vitamin.

Umumnya, satu sendok makan rumput laut kering mengandung 20 kalori, 1,7 gram karbohidrat, 4 gram protein, 0,5 gram lemak, 0,3 gram serat, riboflavin, tiamin, zat besi, mangan, dan tembaga.

Rumput laut mengandung sejumlah kecil vitamin A, C, E, dan K, bersama dengan folat, zinc, natrium, kalsium, dan magnesium.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini