get app
inews
Aa
Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Lakukan 5 Cara Efektif Membentuk Otot Badan Dengan Waktu Singkat

Sabtu, 24 September 2022 | 10:24 WIB
header img
Cara Efektif Membentuk Otot Badan. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Ingin bentuk otot badan agar kelihatan maco dan keren? Tak sulit kok, lakukan cara efektif membentuk otot badan dengan singkat. Buat beberapa orang membentuk otot tidak hanya untuk membuat kepercayaan diri, tetapi untuk kesehatan jangka panjang. Meski begitu, tidak ada perubahan yang instan. Butuh saat yang tidak sebentar untuk membuat otot.

Karenanya, kamu harus mengawasi berapa perubahan yang terjadi setiap waktunya, jangan hanya mengira-ngira. Hal itu sama dengan menyia-nyiakan latihanmu.

Cara Efektif Membentuk Otot Badan

Sayang kan jika kamu sudah daftar di pusat kebugaran, tetapi tidak berbuah hasil maksimal. Sebetulnya, bagaimana sih cara membuat otot secara cepat dan terbukti secara ilmiah? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasan secara lengkap!

1. Perbanyak mengonsumsi kalori

Mengonsumsi banyak kalori memang sulit dilakukan, terlebih buat mereka yang ingin kehilangan berat badan. Tetapi, perlu kamu ketahui jika membuat otot yang efektif itu berarti berat badanmu jangan sampai berkurang. Karenanya, kamu perlu mengonsumsi lebih banyak kalori setiap harinya.

Bila defisit kalori, tubuhmu akan enggan untuk membuat otot baru. Karena itu, perbanyak konsumsi kalorimu 250 sampai 500 kalori per harinya. Ava Fitzgerald, pelatih dari Professional Athletic Performance Center, New York, merekomendasikan untuk mengonsumsi kalori yang dari protein.

Sementara itu, Pusat Penelitian Biomedis Pennington mempelajari jika orang yang mengonsumsi kalori tinggi, yang kaya protein, akan simpan sekitar 45 % kalorinya dalam bentuk otot. Sementara, untuk orang yang diet protein, tetapi pada jumlah kalori yang serupa, akan menyimpan 95 % kalorinya sebagai lemak. Pilih mana?

2. Fokuskan latihanmu pada fase eksentrik

Saat kamu latihan mengangkat beban, kamu akan melakukan fase konsentris yang sulit dan fase eksentrik yang gampang. Salah satunya misalnya, saat melakukan latihan jongkok, kamu melakukan babak eksentrik.

Sementara, saat berdiri kamu lakukan babak konsentris. Dikutip dari mensjournal.com, menurut riset dalam European Journal of Applied Phusiology, fase eksentrik jauh lebih baik untuk pertumbuhan otot atau disebut hipertrofi.

Untuk meningkatkan fase eksentrik latihanmu, kamu dapat memperlambat fase eksentrik dari setiap latihanmu. Juga bisa dengan menerapkannya dalam rutinitas sehari-hari. Secara fisiologis, otot lebih kuat saat bergerak pada fase eksentrik daripada konsentris.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut