get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Memulai Usaha Cilok Kaki Lima yang Menguntungkan, Anti Ribet!

Begini Strategi Memulai Usaha Kelapa Sawit yang Benar Agar Sukses

Senin, 26 September 2022 | 15:28 WIB
header img
Usaha Kelapa Sawit. (okezone.com)

3. Rekrut Tenaga Kerja yang Kompeten

Mengelola kebun kelapa sawit tidak dapat Anda lakukan sendirian itu artinya harus melibatkan seseorang. Ya, Anda harus mencari dan merekrut tenaga kerja yang mempunyai kompetensi untuk melakukan kebun kelapa sawit. Sebelumnya Anda harus memahami dahulu jika biaya untuk pegawai ini memang tidak sedikit.

Tetapi bagaimanapun usaha Anda hanya akan berhasil dengan bantuan orang yang punyai kemampuan mengelola dan merawat tanaman kelapa sawit. Biaya dan modal untuk bayar pegawai ini nanti akan kembali ke Anda dalam bentuk keuntungan yang lebih besar.

4. Aspek Lain yang Harus Diperhatikan


Kelapa Sawit. (sindonews.com)

Rasanya kita cukup sering mendengar tentang banyaknya pelanggaran hukum yang terjadi karena pembukaan tempat kelapa sawit. Oleh karenanya Anda juga harus memperhatikan faktor-faktor yang lain yang tidak kalah pentingnya.

5. Jasa Manajemen yang Tepercaya

Dalam usaha perkebunan kelapa sawit dikenal ada jasa manajemen yang bertugas untuk mengelola area. Jasa manajemen perkebunan sawit umumnya memberikan pendidikan mengenai pengelolaan lahan dengan cara yang baik.

Pilih manajemen yang sudah mempunyai reputasi baik dan tepercaya jika memang Anda akan menggunakan jasanya. Umumnya jasa manajemen yang tepercaya selalu mengutamakan survei dalam rangka mempertahankan kelestarian lingkungan sekitarnya.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut