Logo Network
Network

Begini Strategi Memulai Usaha Kelapa Sawit yang Benar Agar Sukses

bayu pratama
.
Senin, 26 September 2022 | 15:28 WIB
Begini Strategi Memulai Usaha Kelapa Sawit yang Benar Agar Sukses
Usaha Kelapa Sawit. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Kelapa sawit sebagai komoditas dan peluang usaha yang telah terbukti bisa memberikan keuntungan cukup tinggi. Diperlukan strategi memulai usaha kelapa sawit yang benar agar sukses. Usaha kelapa sawit banyak kita temui di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Kelapa sawit yang merupakan bahan baku dalam pembuatan minyak goreng menjadi usaha andalan beberapa konglomerat di Indonesia. Anda bisa juga mencoba peruntungan peluang usaha ini dan memulainya dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Tips dan Langkah Memulai Usaha Kelapa Sawit

1. Persiapkan Lahan untuk Menanam

Hal pertama yang harus Anda siapkan untuk memulai bisnis kelapa sawit sudah pasti mempersiapkan lahannya. Lahan yang dibutuhkan untuk menanam kelapa sawit dapat dikatakan cukup luas karena kalau ingin hasilnya terasa nyata penanaman harus massal.

Anda dapat membeli tempat yang letaknya berada di pinggiran atau dekat dengan hutan supaya harganya bisa lebih murah. Tetapi pastikan jika lahan itu diperoleh secara legal. Jangan lupa pertimbangan tentang kemudahan transportasi dari dan menuju tempat lahan itu.

Tempat untuk menanam kelapa sawit akan lebih bagus bila berupa tanah yang mengandung banyak mineral jika dibandingkan rawa atau gambut. Anda bisa menanam sekitar 180 sampai 200 pohon kelapa sawit dalam tiap hektar tempat itu.

2. Siapkan Bibit yang Unggul

Setelah Anda mendapatkan tempat yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat penanaman kelapa sawit saat ini saatnya memilih bibit yang bagus. Panen kelapa sawit akan memuaskan jika Anda memulainya dengan menanam bibit yang memiliki kualitas unggul.

Pilih bibit kelapa sawit yang sudah diketahui bagaimana sifat dan kelebihannya. Minimal ada 2 jenis bibit kelapa sawit yang dapat Anda pilih yaitu berupa biji atau tanaman berukuran kecil.

Sangat disarankan tidak untuk menggunakan bibit berupa biji yang berasal dari alam karena Anda belum tahu bagaimana kualitasnya. Perlu dicatat jika bibit menjadi hal yang sangat penting jika Anda ingin menjalankan bisnis bahan baku minyak goreng itu.

Follow Berita iNews Batu di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.