get app
inews
Aa Read Next : 5 Ide Jualan di Bulan Ramadhan yang Paling Laris Bisa Dicoba

Wajib Dicoba, 5 Ide Bisnis Ramah Lingkungan yang Menguntungkan

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 09:23 WIB
header img
Ide Bisnis Ramah Lingkungan. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Sampah selalu menjadi masalah lingkungan yang seperti tidak mempunyai ujung penyelesaian. Setiap harinya sampah rumah tangga atau limbah pabrik semakin menumpuk.

Sementara, masih sedikit langkah yang dilakukan untuk mengurangi penumpukan sampah dan limbah itu. Padahal ada banyak ide bisnis ramah lingkungan yang bisa meminimalisir kerusakan lingkungan.

Mengenai masalah sampah itu sejujurnya adalah tanggung jawab kita, bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Sebenarnya, bila melihat dari perspektif lain, sampah dan limbah yang kotor itu justru dapat mendatangkan pundi-pundi uang, seperti yang telah disinggung di atas.

Ide Bisnis Ramah Lingkungan

Berikut 5 ide bisnis ramah lingkungan dan menguntungkan yang dapat kamu coba.

1. Usaha Pengelolaan Surplus Makanan Berlebih

Ide bisnis ramah lingkungan yang dapat kamu coba, yaitu pengelolaan surplus makanan berlebih. Surplus makanan atau makanan berlebih sebagai sumber limbah organik dan masalah lingkungan.

Hal itu umumnya ada pada industri makanan siap saji, pasar, dan pertanian. Produk yang tidak laku terjual itu akhirnya dibuang. Sebenarnya, makanan berlebih ini bisa dimanfaatkan lho untuk meraih keuntungan.

Kamu dapat berperan sebagai pihak ketiga yang menjembatani jual beli makanan surplus ini. Makanan yang layak bisa kamu tawarkan kembali ke konsumen dengan mekanisme tertentu. Misalnya seperti donasi makanan atau bisa juga menjualnya dengan setengah harga.

2. Bisnis Pengelolaan Sampah Plastik

Sampah plastik sebagai salah satu jenis limbah yang paling susah dalam pengelolaannya. Karena, jika dibuang demikian saja ke lingkungan, karena itu plastik akan sulit terurai dan bisa berakibat mencemari lingkungan. Sebenarnya, sudah banyak perusahaan daur ulang yang mengolah sampah plastik.

Hanya saja, minimnya pengetahuan warga tentang hal itu sehingga lebih memilih membuang sampah plastik daripada membawa ke tempat daur ulang. Ini bisa menjadi peluang bisnis buatmu.

Kamu dapat mengumpulkan sampah plastik itu dari pemulung atau warga sekitar dan kamu menjualnya ke perusahaan daur ulang. Selain bisa menyelamatkan lingkungan bisa juga mendatangkan penghasilan lho.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut