Logo Network
Network

Selain Masalah Pernafasan, Inilah Sederet Bahaya Gas Air Mata untuk Kesehatan

Dean Ismail
.
Selasa, 04 Oktober 2022 | 19:19 WIB
Selain Masalah Pernafasan, Inilah Sederet Bahaya Gas Air Mata untuk Kesehatan
Ilustrasi bahaya gas air mata untuk kesehatan

Nama lain untuk jenis gas air mata termasuk fuli, semprotan merica, semprotan capsicum, dan agen anti huru-hara. Kekuatan gas air mata bervariatif dan paparan gas air mata yang lebih terkonsentrasi atau paparan yang lama bisa jadi memperburuk bahayanya untuk kesehatan.

Gas air mata sebelumnya dikembangkan sebagai senjata kimia untuk penggunaan militer. Tetapi saat ini dilarang dan seringkali dipakai untuk bubarkan massa atau menghentikan demo.

Mengingat imbas paparannya untuk kesehatan, pemakaian gas air mata mempunyai aturan khusus. Termasuk aturan menembakkan gas air mata dari jauh, penggunaan khusus untuk luar ruangan, dan pemakaian campuran bahan kimia dengan konsentrasi serendah mungkin.

Bahaya gas air mata untuk kesehatan

Kontak dengan gas air mata mengakibatkan iritasi pada sistem pernafasan, mata, dan kulit. Rasa sakit muncul karena bahan kimia dalam gas air mata mengikat salah satu dari 2 reseptor rasa sakit yang disebutkan TRPA1 dan TRPV1.

TRPA1 ialah reseptor rasa sakit yang serupa dengan minyak dalam mustard, wasabi, dan lobak untuk memberikan mereka rasa yang kuat.

Kandungan Chlorobenzylidenemalononitrile dan Dibenzoxazepine ternyata 10.000 kali lebih kuat dibanding minyak yang ditemukan dalam sayur ini.

Tingkat keparahan gejala dan efeknya pada kesehatan pun akan bergantung pada lokasi penembakan gas air mata. Seperti pada dalam atau di luar ruangan, jarak saat gas air mata dilepaskan, dan apa orang yang terpapar mempunyai permasalahan kesehatan awalnya.

Beberapa imbas gas air mata untuk kesehatan diantaranya:

Follow Berita iNews Batu di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini