get app
inews
Aa Read Next : 4 Makeup Dekoratif Buat Mendukung Penampilan Wanita Modern serta Dinamis

Inilah Manfaat dan Jenis Laser Wajah untuk Kecantikan, Coba Pahami Dulu

Selasa, 11 Oktober 2022 | 13:26 WIB
header img
Ilustrasi manfaat dan jenis laser wajah (Foto : iNews.id)

BATU, iNews.id - Laser wajah adalah tipe perawatan kulit yang cukup terkenal. Pasalnya, ada beragam manfaat laser wajah yang dapat diperoleh hingga beberapa orang yang tidak ragu untuk coba proses ini.

Jika Anda berminat untuk jalani perawatan kecantikan satu ini, pastikan melakukan di bawah pengawasan dokter kulit paling dipercaya.

Karena, prosedur laser wajah ialah tindakan medis yang bisa tingkatkan resiko kerusakan kulit jika dilaksanakan dengan tidak tepat.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk pelajari manfaat laser wajah, jenis, kekurangan dan keunggulannya secara cermat agar memutuskan yang pas saat sebelum melakukan.

Dengan begitu, manfaat laser wajah dapat diperoleh dengan maksimal.

Manfaat Laser Wajah

Adapun beragam manfaat laser wajah yang harus dipahami ialah seperti berikut.

  1. Mengencangkan kulit.
  2. Hilangkan flek hitam bekas jerawat.
  3. Hilangkan garis halus dan kerutan.
  4. Hilangkan kutil di wajah.
  5. Mencerahkan kulit wajah dengan terkelupas beberapa sel kulit mati hingga beberapa sel kulit mati hancur dan kulit baru bisa beregenerasi
  6. Meratakan warna kulit.
  7. Memudarkan bekas luka.
  8. Membantu hilangkan bercak kecokelatan di kulit karena bertambahnya umur atau age spot.

Untuk memperoleh manfaat laser wajah dengan optimal, Anda harus pilih sistem yang terbaik dengan keadaan kulit. Pasien yang ingin lakukan perawatan laser wajah pada rasio kecil cuma memerlukan waktu sekitar 30 sampai 40 menit.

Sementara, jika ingin lakukan perawatan penuh di semua area wajah, waktu yang diperlukan kurang lebih 2 jam.

Jenis Laser Wajah

Pada umumnya, tipe laser wajah terdiri jadi dua kelompok, yakni ablatif dan nonablatif.

Berikut perbedaan antara keduanya.

1. Laser ablatif

Salah satunya tipe laser wajah ialah laser ablatif. Laser ablatif disebutkan sebagai wounding laser. Maknanya, tipe laser ini akan memunculkan perlukaan baru untuk memicu pembentukan collagen.

Pada sistem ini, pertama kali dokter akan mematikan saraf kulit lewat pemberian anestesi lokal dan membersihkan wajah dari timbunan minyak, kotoran, atau bakteri.

Seterusnya, sinar laser akan singkirkan sel-sel kulit mati dari susunan paling luar kulit wajah yang dikenali dengan epidermis sekaligus menghangatkan lapisan kulit wajah di bawahnya atau dermis.

Cara ini dilaksanakan untuk menstimulasi pertumbuhan serat-serat collagen di kulit.

Nanti saat susunan epidermis kembali terbentuk, area kulit akan kelihatan lebih lembut dan kuat.

2. Laser nonablatif

Laser nonablatif ialah tindakan laser wajah yang akan memacu perkembangan collagen di kulit, tapi tanpa dibarengi perlukaan. Oleh karena itu, proses ini dikatakan sebagai tindakan laser nonablatif.

Sesudah dokter mematikan saraf kulit lewat pemberian anestesi lokal dan bersihkan wajah, sinar laser akan ditujukan ke kulit untuk merangsang pembentukan collagen.

Ini mempunyai tujuan untuk membenahi tekstur dan meratakan warna kulit.

Laser nonablatif condong lebih enteng dibanding laser ablatif. Disamping itu, lamanya waktu penyembuhannya juga lebih singkat. Tetapi, proses ini memerlukan waktu yang semakin lama sampai hasilnya dapat betul-betul kelihatan.

Oleh karenanya, perawatan laser wajah umumnya dilaksanakan lebih dari 1 kali untuk memperoleh hasil yang diharapkan.

Laser ablatif dan nonablatif bisa terdiri lagi jadi beberapa macam yang lebih detail, sebagai berikut ini:

  • Laser CO2

Salah satunya tipe laser ablatif ialah laser CO2. Laser CO2 umumnya dipakai untuk hilangkan flek hitam bekas jerawat sampai kerutan, dan mengatasi kutil.

  • Laser IPL

Laser IPL atau intense pulse light secara tehnis sebenarnya berbeda dari tindakan laser yang lain. Tetapi, langkah kerja dan resiko yang diakibatkannya serupa dengan perawatan laser wajah.

Umumnya, proses ini dilakukan untuk mengobati kerusakan kulit wajah yang terjadi karena paparan sinar matahari berlebihan, jerawat, rosacea, dan hiperpigmentasi.

  • Laser pulsed-dye

Laser pulsed-dye termasuk sebagai laser nonablatif yang bekerja dengan menghangatkan kulit dan menyerap pigmen pemicu kulit wajah kemerahan, hiperpigmentasi, pecahnya pembuluh kapiler, dan rosacea.

  • Laser fraksional

Laser fraksional sendiri dapat dibagi jadi beberapa macam laser ablatif dan nonablatif. Umumnya, tipe laser ini dipakai untuk mengatasi permasalahan kulit wajah yang berhubungan dengan tanda-tanda penuaan.

  • Laser erbium

Laser erbium ada yang termasuk tipe ablatif atau nonablatif. Tipe laser ini bekerja dengan memacu terjadinya pembentukan collagen hingga pas dilakukan untuk mengatasi garis-garis halus di kulit wajah, kerutan, dan age spots.

Nah itulah beberapa manfaat dan jenis laser wajah. Semoga bermanfaat.

 

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut