get app
inews
Aa Read Next : 7 Tips Agar Kulit Putih Berseri Dengan Masker Secara Alami

Inilah 6 Cara Membuat Motor Kinclong dengan Bahan Alami yang Mudah Didapatkan, Dijamin Bersih

Jum'at, 14 Oktober 2022 | 22:32 WIB
header img
Ilustrasi cara membuat motor kinclong dengan bahan alami (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Ingin motor kamu terlihat selalu kinclong? Ada banyak cara untuk membuat kinclong motor dengan menggunakan bahan yang alami yang mudah didapatkan, walaupun motornya sudah keluaran tahun lama. Simak penjelasan berikut.

Setiap barang apapun itu pasti membutuhkan perawatan, hal ini bertujuan agar barang tersebut bisa awet dan tetap bisa dipakai walaupun sudah lama dan usang. Salah satu barang yang membutuhkan perawatan adalah motor.

Motor keren itu tidak harus mahal dan kencang. Asal bodinya bersih dan rapi itu bisa disebut keren. Karenanya tidak perlu minder walau motormu cuma motor sejuta umat.

Tetapi kamu harus minder jika motormu kotor. Karena keadaan kotor itu menggambarkan kepribadian pemiliknya. Karenanya pastikan motormu selalu pada kondisi bersih.

Nah, berikut cara membuat motor kelihatan kinclong dengan memakai bahan alami yang berada di sekitaran kita.

1. Pakai minyak goreng

Memakai minyak goreng untuk membikin kendaraan kita jadi kinclong kemungkinan kurang masuk dalam akal. Minyak goreng memang biasa dipakai sebagai komponen pelengkap untuk memasak.

Tetapi, siapa kira jika minyak goreng ini bisa mengkilapkan bodi motor. Dalam hal ini memakai minyak goreng dapat dipakai sesudah mencuci motor.

Langkah yang dapat kita kerjakan untuk mengkilapkan bodi motor memakai minyak goreng dengan menggosok-gosokan ke sisi bodi yang memiliki motif kulit jeruk. Harus diingat minyak goreng yang dipakai yakni minyak goreng baru dan bukan minyak goreng bekas.

2. Hindari menggunakan detergen

Tips pertama yakni hindari menggunakan detergen. Kemungkinan detergen baik untuk hilangkan noda yang melekat pada baju.

Tetapi, nampaknya hal itu tidak dianjurkan untuk hilangkan noda yang melekat pada bodi motor ini karena warna cat pada sepeda motor akan menghilang.

Ditambah dalam kandungan detergen ada beberapa unsur senyawa seperti sodium hidroksida (NaOh), Acid Hidroklorida (HCI), Potassium Hidroksida (KOH) yang dapat memudarkan warna cat pada kendaraan.

Maka dari itu sangat tidak dianjurkan memakai detergen untuk bersihkan bodi motor.

3. Pakai kompon

Langkah selanjutnya yakni memakai kompon, kompon ialah seperti alat untuk membuat penampilan motor jadi kinclong, alat ini seperti bodi lotionnya kendaraan bermotor untuk bersihkan sisa-sisa debu yang melekat.

Langkah memakai alat ini cukup dioleskan kebagian yang ada goresan tak perlu banyak-banyak, sedikit saja cukup.

4. Pakai minyak kayu putih

Selain memakai minyak goreng, minyak kayu putih bisa juga dijadikan alat alternatif untuk mengkilapkan bodi motor. Langkah memakai minyak kayu putih pada bodi motor ialah dengan mengelap semua permukaan bodi motor dengan memakai kain kering yang bersih dan halus.

Kemudian, oleskan minyak kayu putih ke kain, selanjutnya gosok bodi motor supaya masih tetap mengkilap dan bersinar.

5. Pakai Beeswax

Beeswax sebagai salah satunya alat kecantikan yang dapat digunakan untuk alat mengkilapkan bodi motor, tak perlu diragukan kembali alat ini telah banyak dipakai oleh orang dan termasuk langkah manual untuk membuat bodi motor jadi kinclong.

Ditambah lagi, banyak beberapa produk produk yang dipakai untuk lakukan perawatan motor salah satunya mempunyai kandungan Beeswax.

6. Bersihkan motor setelah kehujanan

Tips kedua yang paling mudah yakni bersihkan motor sesudah kehujanan. Hal itu dikatakan benar-benar efisien untuk bersihkan motor. Karena air hujan bisa membuat beberapa bagian bodi motor berkarat jika tidak langsung dicuci.

Begitupun tidak dianjurkan untuk mengelap bodi motor, karena umumnya air hujan bawa partikel debu.

Partikel debu ini dapat mengakibatkan goresan pada bodi motor jika langsung di lap. Maka dari itu membersihkan motor sesudah kehujanan sebagai langkah yang paling dianjurkan untuk jaga bodi motor masih tetap kinclong.

Nah, itulah beberapa cara untuk membuat motor kinclong dengan menggunaan bahan alami yang mudah didapatkan. Semoga bermanfaat.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut