get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

4 Khasiat Daun Kenikir Untuk Kesehatan, Bisa Mengontrol Gula Darah!

Kamis, 20 Oktober 2022 | 13:24 WIB
header img
Khasiat Daun Kenikir. (indozone.com)

BATU, iNews.id - Kenikir, tanaman liar yang kaya akan manfaat salah satunya efektif mengontrol gula darah. Kenikir, tanaman liar yang mudah tumbuh dimana saja. Kebanyakan kenikir tumbuh dan berkembang di pinggir jalan.

Untuk masyarakat Indonesia, daun kenikir bukanlah hal yang asing. Daun ini sering diolah sebagai lalapan, campuran untuk menu pecel, atau bisa juga ditumis. Tetapi, selain digunakan untuk menemani makan kita, daun kenikir juga dikenal sebagai tanaman obat karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan.

Khasiat daun kenikir untuk kesehatan ini tidak lepas dari banyak kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Daun yang mempunyai nama latin Cosmos caudatus ini mempunyai kandungan berupa karbohidrat, protein, sampai zat besi, yang pasti sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jadi jangan heran jika tanaman yang berasal dari Amerika Latin ini cukup digemari oleh sebagian masyarakat.

Tetapi, sebagian orang ada yang membudidayakan kenikir di halaman rumah. Alasannya, kenikir memiliki bunga yang cantik dan daunnya dapat dimakan. Daun kenikir mengandung vitamin C, saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak atsiri yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat daun kenikir

Kandungan di atas membuat kenikir dijadikan alternatif obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti :

1. Mencegah osteroporosis

Hasil beberapa penelitian menunjukkan kenikir dapat meningkatkan jumlah mineral, volume osteoid, dan orteoblas dalam tulang.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut