get app
inews
Aa Read Next : 3 Mitos Gunung di Pulau Jawa yang Bikin Merinding Patut Diketahui

Inilah Deretan Misteri yang Ada di Gunung Semeru, Nomor 1 Kawasan Banyak Nisan

Senin, 24 Oktober 2022 | 15:11 WIB
header img
Deretan misteri Gunung Semeru, Nomor 1 kawasan banyak nisan Foto : MNC Media

2. Pulau Jawa Terbelah

Cerita lain menghubungkan letusan Gunung Semeru dengan tanda musibah, atau kejadian besar yang membawa kesengsaraan untuk rakyat.

Karena itu tidaklah aneh ada yang menyambungkan letusan Gunung Semeru ini dengan ramalan Jayabaya, yang menubuatkan jika Pulau Jawa akan terbelah.

Ramalan itu dihubungkan dengan kegiatan vulkanik di Gunung Slamet yang ada di lima kabupaten di Jawa tengah, yakni Brebes, Banyumas, Purbalingga, Pemalang, dan Tegal.

Bahkan juga, mitos itu juga sampai sekarang ini masih dipercaya masyarakat sekitaran lereng Gunung Slamet. Ditambah lagi, gunung dengan ketinggian 3.428 mtr. itu ada hampir di tengah di antara pantai utara dan selatan Jawa.

Cerita ini telah lama berkembang di masyarakat Banyumas dan sekelilingnya yang dihubungkan dengan ramalan Jayabaya. Mereka yakini mitos yang mengatakan Pulau Jawa akan terbelah bila Gunung Slamet meletus.

3. Dibawa Dewa Brahma dan Dewa Wisnu

Salah satunya mitos mengatakan, Gunung Semeru dipercayai sebagai sisi pucuk dari Gunung Meru di India yang diusung oleh Dewa Brahma dan Dewa Wisnu ke Tanah Jawa untuk jadi pasak bumi.

Cerita yang dimuat dalam kitab Tantu Panggelaran itu menjelaskan jika saat sebelum Gunung Semeru ditancapkan, Pulau Jawa masih terombang-ambing di lautan karena tidak ada penekannya.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut