get app
inews
Aa Read Next : Ketahui 5 Cara Merawat Kaktus Dengan Mudah dan Efektif

8 Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan Tubuh Perlu Diketahui

Rabu, 26 Oktober 2022 | 14:35 WIB
header img
Manfaat Kayu Secang. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Banyak tanaman di sekitar yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu pohon secang. Tanaman dengan nama latin Caesalpinia sappan ini sudah dikenal luas oleh warga sebagai rangkaian dari obat tradisional. Manfaat kayu secang bagi kesehatan tubuh sangat beragam

Secara lebih lanjut, tanaman secang menjadi obat tradisional dengan memanfaatkan batang tanaman atau kayunya. Caranya, kayu secang diambil dan dikeringkan dalam waktu tertentu untuk selanjutnya bisa diolah menjadi ramuan obat.

Umumnya, manfaat kayu secang itu dianggap hanya bekerja bila diracik dengan bahan-bahan tertentu seperti jahe, serai, dan lain sebagainya. Tetapi, ternyata ada sejuta khasiatnya tersendiri dari tanaman secang itu.

Lalu, apa manfaat kayu secang untuk kesehatan tubuh itu? Baca ulasan selengkapnya berikut seperti yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

8 Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan Tubuh

Obat Alergi

Alergi sebagai gangguan yang sering terjadi pada sebagian orang. Saat datang, alergi bisa menyebabkan beberapa gejala seperti gatal, muntah, sampai demam.

Kandungan chalcone pada kayu secang disebut bisa mengurangi gejala alergi yang ditimbulkan. Caranya, konsumsi kayu secang dengan menjadikannya sebagai minuman hangat.

Obat Batuk dan Flu

Manfaat kayu secang yang pertama yaitu bisa menyembuhkan gejala panas dalam seperti radang, batuk, dan flu ringan. Kandungan anti-radang dalam kayu secang disebutkan mampu menghambat aktivitas hyaluronidase, protein sebagai sumber khusus peradangan.

Hasil penelitian pada tikus menunjukkan, kandungan antioksidan brazilin ternyata baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Hal ini dapat juga menjaga kesehatan dan fungsi hati.

Mencegah Diabetes

Tidak hanya itu, manfaat kayu secang terbukti mampu mencegah penyakit diabetes. Hasil riset yang pernah dilakukan menunjukkan, ekstrak kayu secang yang diberikan kepada tikus mampu meningkatkan metabolisme glukosa sehingga mengurangi penumpukan gula darah.

Meski demikian, mengonsumsi seduhan atau wedang kayu secang harus secara rutin dikonsultasikan ke dokter ahli terlebih dahulu. Ditambah Anda memiliki riwayat penyakit diabetes sampai komplikasi.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kayu secang yang berikutnya ialah bisa mencegah gejala penuaan dini. Beberapa gejala itu di antaranya yaitu munculnya kerutan sampai wajah kusam.

Kayu secang yang mempunyai kandungan antioksidan jenis polifenol terbukti mampu melindungi kulit dari penyebab penuaan awal. Maka dari itu, konsumsi kayu secang untuk menjauhkan kulit dari gejala penuaan dini di usia muda.

Membantu Mencerahkan Kulit

Kayu secang memiliki manfaat untuk Anda yang akan memiliki kulit sehat, cantik, dan cerah. Kandungan antioksidan dalam kayu secang diklaim mampu melindungi kulit dari serangan radikal bebas, penyebab berbagai masalah kulit.

Kandungan antioksidan itu bisa mencerahkan kulit dan menjauhkan dari kesan gelap dan kusam. Caranya, cukup aplikasikan kayu secang sebagai air rebusan untuk mencuci muka secara rutin.

Mengobati Bisul


Kayu Secang. (okezone.com)

Manfaat kayu secang yang selanjutnya yaitu bisa mencegah penyakit kulit seperti bisul. Karena, air rebusan kayu secang diketahui secara tidak langsung bisa membersihkan darah dari berbagai penyebab penyakit kulit.

Sebelum mengonsumsinya, pastikan penderita penyakit kulit itu tidak mempunyai alergi pada kandungan kayu secang. Bila aman, gunakan manfaatnya untuk mendapatkan kulit yang sehat secara rutin.

Obat Jerawat

Selain mengobati bisul, manfaat kayu secang dapat berfungsi sebagai obat jerawat. Jerawat sebagai salah satu gangguan kulit sebagai akibat dari ada darah kotor. Kandungan brazilin dalam kayu secang bisa melawan bakteri propiobacterium, pemicu jerawat.

Obat Diare

Selain masalah kulit, kandungan kayu secang terbukti bisa mengobati penyakit diare. Diare tidak lain karena dari ada bakteri yang masuk ke sistem pencernaan dan membunuh bakteri baik di dalamnya.

Kandungan kayu secang yang bersifat antibakteri mampu membunuh bakteri penyebab diare dan meningkatkan bakteri baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Nah itulah manfaat kayu secang bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut