get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Kunyit Asem Untuk Kesehatan Bisa Dicoba

Selasa, 25 Oktober 2022 | 10:31 WIB
header img
Manfaat Kunyit Asam. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Kunyit asem dikenal sebagai jamu yang segar dan kaya akan manfaat. Ini manfaat kunyit asem untuk kesehatan tubuh. Sejak zaman dulu, jamu telah menjadi elemen tidak terpisahkan dari masyarakat Indonesia.

Orang nomor satu saat ini saja, Presiden Joko Widodo, setiap pagi minum jamu untuk menjaga kebugaran tubuhnya di tengah padatnya aktivitas.

Ada banyak sekali manfaat kunyit asem yang komposisi utamanya ialah kunyit. Bahkan di luar negeri, kunyit banyak direkomendasikan sebagai obat alami karena kandungan curcumin di dalamnya.

Lalu, apa manfaat kunyit asem untuk kesehatan?

7 Manfaat Kunyit Asem Untuk Kesehatan

1. Menekan risiko komplikasi jantung

Masih karena fungsinya sebagai antioksidan dan anti-peradangan, curcumin sangat bermanfaat untuk penderita sakit jantung. Dalam sebuah penelitian tahun 2012, penderita jantung yang mengonsumsi 4 gram curcumin setiap hari setelah operasi bypass jantung dapat menekan risiko komplikasi hingga 17%.

2. Mengatur gula darah

Penderita diabetes pasti punya kewajiban untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh mereka. Sejak dulu, jamu kunyit asam sering direkomendasikan untuk penderita diabetes.

3. Mencegah risiko kanker

Hebatnya, curcumin dalam kunyit punya manfaat untuk mencegah risiko kanker. Sebagai antioksidan dan anti-peradangan, curcumin bisa mengurangi risiko sel tubuh yang mengalami kerusakan karena mutasi sel dan kanker.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut