get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Kunyit Asem Untuk Kesehatan Bisa Dicoba

Selasa, 25 Oktober 2022 | 10:31 WIB
header img
Manfaat Kunyit Asam. (okezone.com)

4. Meningkatkan fungsi otak


Kunyit Asam. (okezone.com)

Menurunnya fungsi otak bisa menyebabkan masalah seperti depresi atau Alzheimer. Menariknya, curcumin dalam jamu kunyit asam bisa meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF) sehingga fungsi otak meningkat dan tidak rentan terkena penyakit otak.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Minum kunir asem secara teratur bisa juga meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidan, anti-peradangan, dan antibakteri di dalamnya. Selain itu, curcumin dalam jamu kunyit asam juga bisa menjadi modulator kekebalan tubuh untuk melawan kanker.

6. Meredakan nyeri haid

Selain obat pelancar haid, ternyata manfaat kunir asem adalah meredakan nyeri karena "tamu bulanan" ini. Lagi-lagi, kandungan curcumin dalam jamu kunyit asam bisa mengurangi produksi hormon pemicu peradangan dan rasa nyeri yakni prostaglandin.

Tidak hanya itu, asam jawa dalam jamu kunyit asam dapat berpengaruh pada sistem saraf dan otak. Dengan demikian, otak dapat mengirim sinyal ke tubuh agar kontraksi rahim dapat mereda dan nyeri haid berkurang.

7. Menurunkan berat badan

Untuk mereka yang ingin mencapai berat badan ideal, jamu kunyit asam bisa jadi alternatif minuman yang sehat. Manfaat kunir asem dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi respon peradangan pada sel tubuh.

Dengan terjaganya kadar gula darah dan kolesterol, maka bisa menghindari kenaikan berat badan drastis. Risiko mengalami obesitas dapat ditekan.

Itulah manfaat kunyit asam untuk kesehatan tubuh bisa dicoba di rumah. Semoga bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut