get app
inews
Aa Read Next : Ketahui 5 Cara Merawat Kaktus Dengan Mudah dan Efektif

6 Cara Menanam Jahe di Rumah serta Manfaatnya Patut Dicoba

Kamis, 17 November 2022 | 07:26 WIB
header img
Cara Menanam Jahe di Rumah serta Manfaatnya. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Jahe merupakan salah satu rempah yang banyak ada di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Aromanya yang kokoh, jahe kerap dijadikan bahan santapan serta pula diolah jadi obat herbal. Cara menanam jahe pula terbilang lumayan gampang lho. Sebab bisa dilakukan di dalam ataupun luar rumah.

Tipe Jahe serta Cara Menyimpannya

Saat sebelum masuk ke dalam metode menanam jahe, kenali dahulu tipe jahe, ayo, Moms. Terdapat 2 tipe jahe yang banyak ada di pasaran, ialah jahe muda serta berusia.

  • Jahe muda umumnya cuma ada di pasar Asia serta tidak butuh dikupas.
  • Jahe berusia lebih banyak ada serta mempunyai kulit keras yang butuh dikupas.

Simpan jahe fresh di lemari es ataupun freezer. Bila dibiarkan tidak dikupas, bisa ditaruh sampai 3 pekan dalam lemari es ataupun sampai 6 bulan dibekukan.

Cara Menanam Jahe di Rumah

Meski berasal dari negeri tropis, namun jahe dapat berkembang produktif di bermacam hawa. Cuma saja, metode menanam jahe di negeri yang mempunyai hawa sub tropis hendak berbeda dengan di Indonesia. Untuk yang suka banget dengan jahe, ayo cari ketahui metode menanam jahe berikut ini.

1. Seleksi Posisi Tanam

Cara menanam jahe yang awal merupakan membenarkan posisi penanaman. Jahe berkembang produktif di hawa yang hangat serta lembab, semacam Indonesia. Jadi sebaiknya memilah posisi dengan banyak sinar serta terserang matahari langsung. Tetapi, yakinkan jangan di tempat yang gampang terserang angin.

2. Persiapan Tanah

Cara menanam jahe berikutnya merupakan memilah tanah. Tanah terbaik buat jahe merupakan gembur, liat, serta kaya bahan organik. Tanah lempung membolehkan air mengalir dengan leluasa, yang hendak menolong menghindari rimpang tergenang air.

Mulsa yang tebal pula bisa membagikan nutrisi, menahan air, serta menolong mengatur gulma.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut