get app
inews
Aa Read Next : Ketahui 5 Cara Merawat Kaktus Dengan Mudah dan Efektif

8 Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan Tubuh Perlu Diketahui

Rabu, 26 Oktober 2022 | 14:35 WIB
header img
Manfaat Kayu Secang. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Banyak tanaman di sekitar yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu pohon secang. Tanaman dengan nama latin Caesalpinia sappan ini sudah dikenal luas oleh warga sebagai rangkaian dari obat tradisional. Manfaat kayu secang bagi kesehatan tubuh sangat beragam

Secara lebih lanjut, tanaman secang menjadi obat tradisional dengan memanfaatkan batang tanaman atau kayunya. Caranya, kayu secang diambil dan dikeringkan dalam waktu tertentu untuk selanjutnya bisa diolah menjadi ramuan obat.

Umumnya, manfaat kayu secang itu dianggap hanya bekerja bila diracik dengan bahan-bahan tertentu seperti jahe, serai, dan lain sebagainya. Tetapi, ternyata ada sejuta khasiatnya tersendiri dari tanaman secang itu.

Lalu, apa manfaat kayu secang untuk kesehatan tubuh itu? Baca ulasan selengkapnya berikut seperti yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

8 Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan Tubuh

Obat Alergi

Alergi sebagai gangguan yang sering terjadi pada sebagian orang. Saat datang, alergi bisa menyebabkan beberapa gejala seperti gatal, muntah, sampai demam.

Kandungan chalcone pada kayu secang disebut bisa mengurangi gejala alergi yang ditimbulkan. Caranya, konsumsi kayu secang dengan menjadikannya sebagai minuman hangat.

Obat Batuk dan Flu

Manfaat kayu secang yang pertama yaitu bisa menyembuhkan gejala panas dalam seperti radang, batuk, dan flu ringan. Kandungan anti-radang dalam kayu secang disebutkan mampu menghambat aktivitas hyaluronidase, protein sebagai sumber khusus peradangan.

Hasil penelitian pada tikus menunjukkan, kandungan antioksidan brazilin ternyata baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Hal ini dapat juga menjaga kesehatan dan fungsi hati.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut