get app
inews
Aa
Read Next : Ketahui 5 Cara Merawat Kaktus Dengan Mudah dan Efektif

Kaya Serat, Ini 7 Manfaat Nasi Jagung yang Cocok Untuk Diet

Minggu, 02 Oktober 2022 | 06:11 WIB
header img
Manfaat Nasi Jagung. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Nasi jagung sebagai makanan olahan dari tanaman biji-bijian jagung yang sangat populer di Indonesia. Ternyata manfaat nasi jagung cukup banyak.

Nasi jagung bisa jadi sumber karbohidrat alternatif untuk mengganti nasi putih. Nasi berwarna kuning ini juga cocok dinikmati bersama dengan aneka lauk yang gurih.

Dalam 100 gram nasi jagung mengandung kalori sebanyak 140 Kkal. Di beberapa daerah nasi jagung sering dipadu bersama dengan tumis sayuran dan lauk pauk. Nasi jagung tidak hanya banyak dikonsumsi di Jawa, tetapi juga Madura.

Ada dua jenis nasi jagung di Indonesia yaitu nasi jagung yang dibuat dari biji jagung yang ditumbuk dan dimasak dengan campuran nasi. Ada juga yang tidak dicampur seperti di Blitar dikenal dengan ampok yaitu nasi jagung yang dibuat dari biji jagung kering yang ditumbuk dan dikukus seperti nasi putih.

Manfaat Nasi Jagung yang Cocok Untuk Diet

1. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam nasi jagung bisa membantu mencegah terjadinya anemia, karena senyawa ini bisa membantu memproduksi sel darah merah di dalam tubuh.

2. Baik untuk Kehamilan

Manfaat nasi jagung untuk ibu hamil adalah ada kandungan asam folat yang diketahui sangat penting untuk pertumbuhan embrio.

Karena bila ibu hamil mengalami kekurangan asam folat, ini bisa mengakibatkan cacat atau penurunan berat badan bayi saat bayi lahir. Selain itu, mengonsumsi nasi jagung dapat mempercepat produksi ASI.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut