get app
inews
Aa Read Next : 4 Makeup Dekoratif Buat Mendukung Penampilan Wanita Modern serta Dinamis

Berikut 5 Manfaat Buah Mangga untuk Kecantikan Wajah

Rabu, 26 Oktober 2022 | 18:14 WIB
header img
Ilustrasi manfaat buah mangga untuk kecantikan wajah (iNews.id)

BATU, iNews.id - Setiap makanan ataupun minuman pasti kaya akan manfaat, salah satunya buah mangga yang ternyata punya banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan wajah. Kali ini akan membahas mengenai manfaat buah mangga untuk kecantikan wajah.

Mangga tergolong satu di antara buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Ini karena mangga datang dari Asia dan benar-benar mudah tumbuh dan dibudidayakan di iklim tropis seperti Indonesia.

Di Indonesia, ada beragam jenis mangga. Bahkan juga setiap wilayah di Tanah Air seperti mempunyai Buah Mangga yang diunggulkan dan jadi kebanggaan.

Mengacu pada itu, bisa ditemui beragam mangga dalam bermacam-macam bentuk, ukuran, warna, dan rasa.

Beberapa mangga yang populer di Indonesia, salah satunya mangga golek, manalagi, arumanis, mangga apel, gedong gincu, mangga alpukat, mangga indramayu, golek, sampai mangga kweni dan pakel.

Seperti buah-buahan, mangga dapat menyehatkan badan. Mangga mempunyai manfaat untuk kesehatan karena kandungan beragam vitamin, seperti vitamin A, C, dan E.

Mangga mengandung karbohidrat protein, serat, folat, kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor. Lebih dari itu, mangga termasuk buah yang rendah kalori dan kaya anti-oksidan, seperti kandungan polifenol dan beta karoten.

Tidak cuma berguna untuk kesehatan, kandungan zat dan gizi didalamnya itu membuat buah mangga mempunyai manfaat untuk kecantikan kulit.

Berikut manfaat buah mangga untuk kecantikan wajah diantaranya :

1. Mengatasi komedo

Mangga berguna untuk mengatasi komedo. Tetapi, tidak dengan mengkonsumsinya. Anda dapat memakai mangga untuk mengatasi komedo dengan membuatnya jadi scrub.

Caranya, siapkan scrub buah mangga dengan menambahkan satu sendok teh daging buah mangga yang telah dihaluskan, 1/2 sendok teh susu cair atau susu bubuk, dan sedikit madu.

Gosokkan ke seluruh wajah dengan gerakan melingkar. Scrub ini akan menolong mengangkat sel kulit mati dan komedo.

2. Mengatasi belang karena terbakar matahari

Mangga berguna juga untuk menangani belang karena terbakar matahari. Anda dapat memakai mangga untuk kembalikan warna asli kulit. Buah ini mempunyai komponen mendinginkan dan memutihkan alami dan menutrisi kulit yang terbakar matahari.

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam mangga akan menyediakan gizi penting untuk kembalikan keadaan kulit yang terbakar matahari. Bila kulit terbakar matahari, Anda dapat manfaatkan kulit mangga yang telah masak untuk menyembuhkannya.

Caranya, dengan menggosokkan sisi dalam kulit mangga ke wajah dan tangan. Bersihkan sampai bersih sama air dingin sesudah didiamkan 10 sampai 15 menit.

Kerjakan perawatan ini minimal 2x atau 3x seminggu untuk hasil optimal. Lengkapi dengan konsumsi rutin mangga untuk percepat pemulihan sel-sel kulit dari dalam.

3. Memperkecil pori-pori

Pori-pori besar dapat menimbulkan jerawat dan menggunakan masker mangga dapat meminimalisasi kemungkinan itu.

Anti-oksidan dalam mangga menolong meremajakan sel-sel kulit dari kerusakan karena sinar matahari dan menolong bersihkan pori-pori hingga tidak jadi membesar dan jadi sarang bakteri.

4. Mengatasi kerutan

Manfaat mangga untuk kecantikan kulit wajah yang pertama untuk mengatasi tanda-tanda penuaan.

Anti-oksidan yang terdapat di dalam buah mangga bisa membantu melawan pertanda penuaan, seperti kerutan dan pigmentasi. Disamping itu berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas beresiko.

Mangga memiliki kandungan anti-oksidan dan kolagen yang dapat membuat kulit kenyal dan lembut dan membuat kulit kencang.

Secara otomatis, mangga bisa juga mencegah penuaan dini karena efek anti-oksidan yang jaga kulit dari radikal bebas dan menutrisi kulit dengan kolagen yang membuat kulit terlihat awet muda dan kencang.

5. Masker kulit sensitif

Mangga berguna sebagai masker untuk kulit sensitif. Anda dapat membuat masker muka dengan menambah daging buah mangga yang telah dilumatkan, oatmeal, susu, dan madu.

Bersihkan wajah sama air dingin, lalu tepuk-tepuk sampai kering selanjutnya oleskan masker ini di kulit wajah.

Bersihkan sampai bersih sama air dingin sesudah didiamkan selama 15 menit. Wajah akan jadi lebih fresh, lembut, tanpa reaksi alergi.

Nah itulah lima manfaat buah mangga untuk kecantikan wajah. Semoga informasi ini bermanfaat.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut