get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran Hanguskan Empat Tempat Karaoke di Kota Probolinggo

Pemkab Probolinggo Lakukan Inovasi di Bidang Pertanian dengan Gerakan Tanam Padi Biofortifikasi

Selasa, 16 Juli 2024 | 20:02 WIB
header img
Pemkab Probolinggo Lakukan Inovasi di Bidang Pertanian dengan Gerakan Tanam Padi Biofortifikasi (Foto : Dok. Pemkab Probolinggo)

PROBOLINGGO, iNewsBatu.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melakukan Gerakan tanam padi biofortifikasi di sawah Marito, Kelompok Tani (Poktan) Tani Luhur II Desa Gending Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo, Selasa (16/7/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo H. Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Hary Tjahjono, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Jawa Timur Denny Kurniawan, Plt Kepala Diperta Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi, Forkopimka Gending serta anggota Poktan Tani Luhur II Desa Gending Kecamatan Gending.

Gerakan tanam padi bifortifikasi ini diawali dengan penyerahan bantuan bibit padi biofortifikasi oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo H Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur kepada Poktan Tani Luhur II Desa Gending Kecamatan Gending.

Selanjutnya Pj Bupati Ugas bersama dengan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Hary Tjahjono, Kepala Bidang Ketahanan Pangan DPKP Provinsi Jawa Timur Denny Kurniawan, Plt Kepala Diperta Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi dan Forkopimka Gending menyaksikan proses penanaman bibit padi di sawah milik Marito anggota Poktan Tani Luhur II Desa Gending Kecamatan Gending.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan Farm Field Day (FFD) dengan tema “Temu Teknis dan Gerakan Tanam Padi Biofortifikasi” dengan narasumber Kepala BSIP Jawa Timur Atekan dengan materi Mengenal Padi Biofortifikasi dan Kepala BMKG Jawa Timur Anung Suprayitno dengan materi Mengenal Peringatan Dini Iklim dipandu moderator Kepala Bidang Sarana Penyuluhan dan Pengendalian Pertanian Diperta Kabupaten Probolinggo Faiq El Himmah.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Kabupaten Probolinggo Hary Tjahjono mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur atas bantuan dan pembinaannya kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo, khususnya di areal tanam Kecamatan Gending.

“Pertanian merupakan tulang punggung perekonomian Kabupaten Probolinggo. Oleh karena itu, inovasi dalam sektor ini sangat diperlukan untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup, peningkatan produksi pangan dan pengurangan angka stunting di wilayah kita. Padi biofortifikasi adalah salah satu inovasi yang memiliki potensi besar untuk mewujudkan tujuan tersebut,” katanya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut