Iker Lecuona Digosipkan Gantikan Marc Marquez, Ini Kata Bos Honda

bayu pratama
Marc Marquez menyimpan penyesalan gagal mentas di MotoGP Mandalika 2022. Bahkan dia menyebut MotoGP Mandalika 2022 jadi balapan terburuk dalam kariernya. (foto: MPI).

BATU, inews.id - Manager Team Repsol Honda, Alberto Puig, menyanggah isu jika pihaknya akan panggil Iker Lecuona sebagai alternatif Marc Marquez di MotoGP 2022 walau Stefan Bradl belum raih point saat ini. Ini disebutkan Puig ke Speedweek pada Rabu (22/7/2022).

Sama seperti yang diketahui, Marc Marquez kembali lagi harus mangkir lama karena operasi ke-4 pada tulang lengan atas (humerus) kanannya di Minnesota, Amerika Serikat, pada awal Juni ini. Tidak dipahami kapan sembuh dan dapat kembali bertanding, si peraih delapan kali juara dunia juga diganti sementara oleh Stefan Bradl.

Bradl yang memegang sebagai tes pembalap Honda semenjak 2018, berperanan sebagai pembalap alternatif bila ada pembalap Honda yang perlu mangkir. Musim ini, dia telah jalani wildcard di Seri Jerez, Spanyol, dan telah gantikan Marquez di Seri Argentina, Catalunya, dan Jerman.

Digaet Khusus untuk Program WorldSBK

Walau demikian, dalam empat balapan yang dilaluinya, Bradl selalu tidak berhasil raih point, dua salah satunya karena tidak berhasil finish. Pada sela minggu balap di Jerman, tiba-tiba ada isu jika Repsol Honda akan panggil pembalap Tim HRC WorldSBK yang bekas pembalap MotoGP, Iker Lecuona.

"Benar-benar tidak ada masalah. Toh Iker sudah digaet oleh Honda untuk kejuaraan lain. Dia berkendara di WorldSBK dan dia tidak tampil jelek di situ. Dia ada di rangking ke-5 pada klassemen rider," ungkapkan Puig tentang rider Spanyol berumur 22 tahun itu.

Sepanjang 2 tahun di MotoGP, Lecuona benar-benar susah tampil bersaing bersama Tech 3 KTM. Tetapi, sekalipun berpindah ke WorldSBK musim ini, dia tampil benar-benar ganas. Dalam 4 seri dan 12 balapan pertama, dia selalu sukses finish di 10 besar. Dia bahkan juga naik tribune di Race 2 Assen, Belanda.

Walau beri pujian aksi Lecuona di WorldSBK, Puig akui skuadnya tidak merencanakan panggilnya. "Jelas sudah, bila Stefan jatuh, cidera, dan kami tidak punyai pembalap ke-2 , karena itu saya tidak tahu apakah yang harus kami kerjakan. Tetapi bukan rencana kami bawa Iker ke MotoGP. Kami tidak pikirkannya," katanya.

"Tetapi, tidak ada kelirunya minta Iker berperan serta di test tertutup MotoGP. Seorang rider alternatif bisa juga diperlukan untuk LCR Honda. Tetapi, kami tidak punyai rencana melangsungkan test MotoGP untuk Iker dalam kurun waktu dekat," tandas mantan rider GP500 ini.

Sekarang ini, Lecuona ada di rangking ke-5 pada klassemen rider dengan 99 point dan jadi pembalap Honda terbaik di WorldSBK. Dia ketinggalan 121 point dari pembalap Aruba.it Racing Ducati, Alvaro Bautista, yang berada di pucuk.

Editor : Dean Ismail

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network