Tak Selalu Menakutkan, Keindahan Gunung Api di Pulau Jawa Ini Bikin Kalian Ogah Berpaling

Dean Ismail
pesona gunung api di Jawa (istimewa)

2.Taman Nasional Bromo, Semeru, dan Tengger

Kali ini ada destinasi gunung yang dinobatkan sebagai tujuan wisata gunung terbaik ketiga di dunia setelah gunung Olympia (Yunani) dan Elbrus (Rusia), yakni gunung Bromo (2.329 m).

Siapa yang tak pernah mendengar nama gunung ini? Gunung yang berada di bawah pengawasan Taman Nasional Indonesia ini memang menjadi salah satu destinasi wajib bagi para pendaki gunung.

Medan gunung mudah diakses dan memanjakan dengan pemandangan kaldera dengan lautan pasir. Akses menuju Taman Nasional ini bisa dari Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, maupun Malang.

Jika kamu dari Jakarta dan sekitarnya, bisa menaiki kereta api dari stasiun pasar Senen menuju stasiun kota Malang, lalu sewa mobil menuju Taman Nasional tersebut bisa lewat Dampit (Malang), maupun NongkoJajar (Pasuruan).

Perlu diwaspadai juga bahwa gunung Bromo merupakan gunung api yang aktif. Gunung Bromo dianggap suku Tengger sebagai tempat suci, di mana tiap malam pertengahan bulan ke sepuluh pada saat bulan purnama, suku Tengger melakukan upacara di pura yang berada di kaki gunung.

Selain gunung Bromo ada juga gunung Semeru. Bicara tentang Semeru (3.676 m), gunung ini merupakan puncak tertinggi di pulau Jawa. Di sekitar Sumeru terdapat salah satu danau yang menjadi destinasi untuk melepas penat dan berselfie ria yakni Ranu Kombolo.

Tidak jauh dari situ juga terdapat tanjakan yang menjadi lokasi yang legendaris yaitu ‘Tanjakan Cinta’, kabarnya jika seseorang melewati tanjakan dengan kemiringan hampir 45 derajat ini lalu menoleh ke belakang maka tidak lama kamu akan putus cinta (Lalu bagaimana dengan yang jomblo ya? Hmm).

Nah, bagi pendaki, pemandangan sunrise menjadi momen  wajib tak terlewatkan. Matahari terlihat muncul dari celah bukit di Ranu kumbolo  pukul 05.30 – 05.45 WIB.

3.Gunung Kelud

Bergeser ke arah barat, rasanya sayang jika melewatkan gunung api yang membuat heboh Indonesia beberapa dekade ini. Gunung yang jaraknya 27 km dari kota Kediri ini mempunyai catatan letusan yang cukup ‘merepotkan’.

Letusan terakhir terjadi pada tahun 2014. Gunung Kelud (1.731 m) ini memuntahkan material dari perut bumi dan yang lebih parahnya abu vulkanik yang terbawa oleh angin mampu mencapai provinsi Lampung di daerah Sumatera.

Meskipun gunung api ini tergolong mungil dibanding gunung lainnya, gunung Kelud menjadi destinasi yang dibanjiri pengunjung di akhir pekan. Kubah lava dihiasi warna-warni lampu, selain itu juga tersedia wahana wisata flying fox, panjat tebing, dan pemandian air panas.

Pemandangan sunrise dan sunset yang tak terlupakan juga bisa dinikmati dari bagian tebing paling tinggi di Gunung Kelud serta panorana kediri raya juga jelas terlihat. Akses menuju gunung Kelud sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi dengan starting point dari Kota Kediri.

Editor : Dean Ismail

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network