Tips Untuk Pemula Ternak Burung Puyuh Bisa Sukses

Supriyono
Ilustrasi ternak burung puyuh (okezone.com)

1. Mempersiapkan kandang

Cara budidaya ternak burung puyuh yang pertama adalah Anda harus mempersiapkan kandang atau tempat untuk para burung puyuh nantinya.

Untuk bentuk kandang dan material, Anda bisa buat menggunakan kayu atau kerangka baja ringan dengan desain seperti rak.

Pastikan, kandang burung puyuh memiliki kelembaban sekitar 30 hingga 80%, dengan suhu normal yakni sekitar 20-25 derajat Celcius. Penerangan juga diperlukan sekitar 25-40 watt pada waktu siang dan 40-60 watt pada waktu malam.

Tidak hanya itu, dalam budidaya ternak burung puyuh, kamu juga harus memiliki beberapa kandang.

  • Kandang untuk proses pembibitan
  • Kandang untuk para induk
  • Kandang untuk para anak burung puyuh
  • Kandang untuk pertumbuhan anak puyuh

2. Mempersiapkan pembibitan

Mempersiapkan bibit unggul untuk melakukan pembibitan. Pasalnya, jika Anda memilih indukan yang memiliki kualitas bagus, maka akan menghasilkan telur dan anakan yang berkualitas pula.

Untuk pemilihan bibit sendiri, Anda juga harus mengetahui bibit yang bisa disesuaikan dengan tujuan budidaya, yang dibedakan menjadi 3 tujuan, yakni:

  • Pemilihan bibit unggul untuk tujuan budidaya burung puyuh, yang akan diambil telurnya saja untuk dikonsumsi. Di sini kamu bisa pilih indukan puyuh betina yang bebas dari berbagai penyakit bawaan dan sehat.
  • Pemilihan bibit unggul untuk tujuan budidaya burung puyuh yang akan diproduksi dagingnya saja. Anda bisa memilih jenis indukan betina dan jantan yang sudah tidak produktif lagi menghasilkan telur.
  • Pemilihan bibit unggul untuk tujuan budidaya burung puyuh lebih mengoptimalkan produksi telur yang akan ditetaskan. Anda bisa memilih indukan betina yang aktif dan bagus dalam kualitas produksi telurnya dan pejantan yang sekiranya matang atau siap untuk membuahi para puyuh betina.


Editor : Bayu Pratama

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network