Tentukan Lokasi Bisnis Barbershop
Apa saja bisnis yang dijalankan, lokasi usaha merupakan salah satu poin utama yang harus ditentukan dengan matang.
Semakin strategis lokasi yang dipilih, semakin besar kesempatan usaha kamu akan dikenal oleh orang.
Dengan memilih lokasi yang strategis bisnis barbershop kamu semakin lebih mudah ditemui oleh pelanggan atau calon pelanggan.
Cobalah pilih lokasi sama sesuai target yang kamu tentukan, misalkan bila target kamu adalah seorang mahasiswa, kamu dapat pilih lokasi sekitar kampus atau kos-kosan mahasiswa.
Buat Ruangan Senyaman Mungkin
Adakalanya saat pelanggan tiba, mereka tidak langsung dicukur karena harus menunggu antrian atau giliran. Menunggu adalah aktivitas yang dapat membuat orang marah atau bosan.
Untuk itu, coba membuat ruangan barbershop senyaman mungkin. Ini adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk membedakan barbershop kamu dan kompetitor.
Upayakan untuk memisah ruang tunggu dan ruangan cukur. Kamu dapat memakai kursi yang nyaman untuk tempat mencukur rambut, dan tambah berbagai sarana seperti TV, AC, WiFi, mini kafe, buku atau majalah, dan lain-lain. Tetapi perlu diingat, sesuaikan fasilitas dengan target yang sudah kamu tentukan.
Buat Paket Full Servis dalam Bisnis Barbershop
Sebagian orang memutuskan datang ke barbershop bukan hanya untuk mencukur rambutnya, tetapi juga untuk mendapatkan layanan yang tidak ada di pangkas rambut biasa, misalkan pangkas jenggot dan kumis, pewarnaan rambut, pijat rambut, dan lain-lain.
Bila kamu memutuskan untuk membuat bisnis barbershop, coba untuk mulai memberi layanan lengkap sesuai kebutuhan pelanggan.
Kamu bisa juga membuat harga paket, di mana pelanggan dapat mendapat harga lebih murah dibanding harga satuan. Misalnya harga cukur rambut Rp50.000 dan cukur kumis Rp30.000.
Tetapi harga paket cukur rambut dan kumis hanya Rp 65.000. Dengan begitu, pelanggan dapat hemat Rp15.000 dan uang kas yang masuk ke barbershop kamu semakin banyak.
Editor : Supriyono
Artikel Terkait