BATU, iNews.id - Anda bisa memperhatikan kepadatan lalu lintas yang ditandai dengan kemacetan dan banyaknya jumlah kendaraan. Peningkatan kepadatan lalu lintas ini menjadi alasan khusus kebutuhan jasa kurir untuk mempermudah dan mempercepat perpindahan satu barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Untuk yang ingin memulai usaha jasa kurir, berikut hal yang harus diperhatikan:
1. Sarana Transportasi dan Media Komunikasi
Sarana transportasi yang paling cocok untuk jasa kurir adalah sepeda motor. Selain ukurannya yang kecil sehingga mudah melalui macet, bahan bakar yang diperlukan sepeda motor cukup murah dan biaya perawatan sepeda motor cukup terjangkau. Dengan begitu, anda akan menghemat waktu pengiriman barang dan menghemat biaya modal.
Media komunikasi yang terbaik adalah telepon seluler. Alasannya, handphone mudah dibawa dan tidak membutuhkan tempat yang besar. Selain itu, anda juga bisa secara cepat menghubungi dan menerima balasan. Alat komunikasi harus diperhatikan untuk memudahkan operasional usaha.
2. Karyawan
Untuk karyawan yang dijadikan kurir, anda harus mempekerjakan karyawan yang mengenal seluk beluk kota sampai jalan alternatif agar terbebas dari macet. Disamping itu, kualitas diri seperti jujur, rajin, bisa dipercaya dan tekun harus juga diperhatikan. Karyawan sebagai kurir harus juga berani bertanggung jawab atas barang yang diantarnya.
Selainnya mencari karyawan pengantar, anda pun membutuhkan karyawan untuk masalah administrasi seperti untuk terima order dan berkomunikasi dengan pelanggan. Carilah karyawan yang teliti dan sabat dan sopan dan mempunyai kemampuan interpersonal yang bagus.
3. Promosi
Untuk mengenalkan jasa anda ke banyak orang, anda bisa memanfaatkan internet. Selain biayanya yang murah, internet cepat dan bisa menyebarkan informasi ke banyak orang sekalian. Contoh penggunaan internet untuk marketing dengan akun media sosial.
Saat melakukan promosi, seharusnya punya target konsumen yang sesuai cara promosi anda. Bila memiliki target konsumen ibu rumah tangga, karena itu bisa menyebarkan jasa anda di pasar atau pusat perbelanjaan. Jika target pasarnya ialah karyawan, karena itu bisa melakukan promosi ke perusahaan.
Editor : Supriyono
Artikel Terkait