Perlu Diketahui, Inilah Manfaat Mengonsumsi Obat Paracetamol Bagi Tubuh

bayu pratama
Manfaat Mengonsumsi Obat Paracetamol. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Dapat dikatakan paracetamol adalah obat sejuta umat yang umum dikonsumsi masyarakat luas. Sebagai pereda pusing, sakit kepala, nyeri, dan lain-lain. Tetapi pernahkah Anda bertanya sebenarnya apa manfaat paracetamol secara medis?

Di sisi lain, konsumsi paracetamol sebenarnya mempunyai banyak hal yang harus diperhatikan, supaya manfaatnya dapat terasa dan memberi efek penyembuhan. Meski termasuk obat ringan, konsumsinya secara rutin kurang disarankan karena bisa menimbulkan sugesti dan ketergantungan.

Beberapa Manfaat Paracetamol

Beberapa manfaat paracetamol di atas mungkin jadi hal yang umum diketahui oleh masyarakat. Tetapi secara medis, berikut sejumlah manfaat yang dapat didapatkan.

1. Meredakan Nyeri

Dari skala ringan sampai sedang, paracetamol dapat membantu Anda meredakan rasa nyeri yang ada saat terjadi gangguan kesehatan. Ini sangat terasa misalnya saat Anda merasakan sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot, peradangan pada sendi, sampai sakit punggung.

Efeknya yang cepat jadi alasan mengapa obat yang ini banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat.

2. Sifat Antipiretik

Paracetamol sesungguhnya mempunyai sifat antipiretik, yang artinya bisa menurunkan demam yang terjadi pada tubuh. Tidaklah aneh bila pertolongan pertama dalam bentuk obat saat demam melanda adalah paracetamol. Ini mungkin karena konsumsi obat ini dapat mempengaruhi hipotalamus di otak.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network