Begini Cara Kerja Motor Listrik Sesuai Dengan Tipenya

Dean Ismail
Ilustrasi Motor Listrik. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Motor listik sebagai pengembangan teknologi otomotif yang menggunakan energi listrik sebagai dayanya. Cara kerja motor listrik yaitu mengubah energi listrik menjadi energi mekanik atau disebut energi gerak.

Kemungkinan masyarakat kita masih jarang mendengar atau mengetahui motor ini. Padahal, motor listrik mempunyai faedah yang cukup banyak. Salah satu manfaatnya ialah mengurangi polusi udara dan menggantikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Motor listrik bisa disebutkan sanggup untuk gantikan motor konservatif sekarang ini. Ada banyak tipe motor listrik yang sudah dibuat. Motor listrik ini dikelompokkan menjadi 3 jenis yang terbagi dalam Motor DC, Motor induksi (Induction Motor), dan Motor Sinkron (Synchronous Motor).

Konsep kerja dari ketiga jenis ini hampir mirip mirip, cuma dibedakan berdasarkan besaran interaksi medan magnetnya. Biasanya, prinsip kerja motor listrik yaitu arus listrik yang dihasilkan dalam medan magnet sanggup memberikan gaya pada setiap motor yang terbagi dalam beberapa loop di bagian dinamonya, dan ada pasangan gaya untuk memutar kumparan.

Lalu, bagaimana cara kerja motor listrik itu? berikut ini penjelasannya.

Cara Kerja Motor Listrik

1. Cara Kerja Motor DC

Untuk cara yang pertama yaitu Motor DC ini dilengkapi dengan dua terminal yang memerlukan arus searah untuk menggerakannya.

Perangkat satu ini disematkan di beberapa barang elektronik yang sering Anda gunakan sehari-hari seperti peralatan rumah tangga, bor listrik, peralatan industri dan sebagainya.

Perangkat satu ini terdiri dari dua bagian khusus yaitu rotor dan stator. Untuk rotor ialah bagian yang bisa berputar dan terbagi dalam kumparan jangkar.

Sementara itu, stator ialah bagian yang malah tidak bisa berputar dan terdiri dari kumparan medan dan rangka. Prinsip kinerjanya sendiri memakai fenomena elektromagnet.

Awal mula arusnya, arus listrik akan disalurkan pada kumparan sampai permukaan magnet utara lalu akan bergerak menghadap ke magnet kutub selatan. Dan kumparan magnet selatan akan bergerak menghadap ada magnet kutub utara. Saat kedua kutub sama-sama bertemu, karena itu terjadilah gaya ambil menarik yang membuat kumparan berhenti bergerak.

2. Cara Kerja Motor Induksi

Yang kedua cara kerja dari motor induksi ini lebih dikenal dengan mesin asinkron. Motor induksi ini cukup unik, karena mesinnya tidak beroperasi dengan kecepatan sinkron.

Perangkat satu ini terdiri dari dua jenis yakni induksi satu phasa dan tiga phase sudah pasti mempunyai fungsi yang lain. Motor induksi satu phasa mempunyai ukuran lebih kecil, dan tiga phase banyak digunakan untuk kebutuhan industri.

Motor induksi ini memakai prinsip elekromagnetik, di mana gaya gerak listrik diinduksi dan melintasi konduktor listriknya saat medan magnet berputar.

Motor induksi dilengkapi dengan dua bagian khusus yang terbagi dalam stator dan rotor di mana stator sebagai bagian kumparan yang diam dan membawa belitan tumpang tindih.

3. Cara kerja Motor Sinkron

Terakhir, motor sinkron yang prosesnya bergantung pada prinsip kerja motor listrik satu ini tidak bergantung pada arus induksi.

Ini terjadi karena rotor pada motor sesuai sebagai magnet tetap yang akan disinkronkan dengan medan magnet berputar. Putaran yang dibuat terlihat sinkron sesuai frekuensi arus yang ditetapkan.

Editor : Supriyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network