BATU, iNews.id - Di dunia media digital dan sosial saat ini, sembarang foto tidak berfungsi bila Anda ingin melibatkan follower Instagram dalam usaha online Anda. Konten visual yang berkualitas tinggi dan estetis menjadi komponen penting dari setiap kampanye pemasaran yang sukses, apabila Anda memiliki online shop yang ingin meningkatkan brand awareness, engagement dengan followers dan mengembangkan followers di media sosial, kebutuhan usaha Anda ada di Instagram.
Tapi hanya membuat akun Instagram dan memposting apa saja yang terlintas dalam pikiran tidak sukses dengan maksimal. Supaya berhasil di Instagram, Anda harus mengerjakannya dengan serius dan mencurahkan energi dan sumber daya untuk membuat strategi pemasaran yang digerakkan oleh visual. Buat kampanye pemasaran strategis yang hendak membuat pelanggan setia yang ikuti di Instagram dengan tips berikut ini:
Buat konten bagus yang berkualitas
Dengan pembaruan algoritme terbaru Instagram, saat ini lebih penting daripada awalnya untuk memastikan konten yang Anda bagi bukan hanya menarik pengikut Anda, tapi memotivasi mereka untuk terlibat dengan posting Anda, karena jumlah penayangan dan beberapa orang yang terlibat dengan setiap pos sekarang berperan ke tempat posting Anda ditampilkan di feed.
Disamping itu, kualitas foto, video, dan konten tekstual terkait harus juga berkualitas tinggi untuk memenuhi standar yang sudah ditetapkan pemakai Instagram untuk bisnis yang mereka ikuti. Bila akun Anda tidak memenuhi atau melampaui standar itu, Anda bisa yakin mereka akan dengan cepat melewati pos Anda.
Bila Anda merasa foto Anda memerlukan sedikit dorongan, coba gunakan aplikasi pengeditan foto untuk menambahkan filter dan mengubah foto dari membosankan menjadi memikat hanya dalam hitungan klik.
Menggunakan hashtag
Untuk memahami apa yang dianggap menarik untuk pengguna Instagram, Anda harus melakukan sedikit riset akan hashtag yang sering digunakan di Instagram. Sesudah Anda memahami apa yang umum mereka lakukan, Anda perlu brainstorming dengan rekan kerja atau karyawan Anda untuk membuat hashtag unik untuk brand Anda. Dengan melakukan ini secara konsisten, Anda memudahkan pengguna untuk terlibat dan menggunakan hashtag Anda.
Melibatkan followers
Anda mempunyai kesempatan untuk like, comment, atau terlibat dengan followers pengguna Instagram, jadi manfaatkanlah hal tersebut . Maka pengguna aktif akan membantu untuk meningkatkan followers Anda dan menjaga brand Anda. Menjalankan kontes, giveaway, survei, promosi, atau tipe kegiatan yang lain bisa juga menarik followers baru secara menyenangkan untuk berinteraksi dengan brand Anda.
Biarkan followers mengenal orang yang ada di balik brand Anda
Salah satunya hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesadaran merk dan mendorong beberapa orang untuk menjadi pengikut setia dari brand Anda ialah menjadi bisnis yang transparan.
Tempatkan diri Anda dalam posisi pelanggan: apa Anda lebih suka terlibat dengan usaha lokal yang, selainnya menampilkan produk dan layanan mereka, menunjukkan karakteristik mereka yang membahagiakan, unik dan menarik di Instagram atau yang hanya mendorong produk dan layanan mereka? Tunjukkanlah ke followers mengenai beberapa orang di kantor Anda, agar mereka tahu siapa Anda dan tim Anda yang sebetulnya. Followers Anda akan berminat untuk melihat foto mengenai kehidupan kantor sehari-hari, acara khusus, promosi, dan lain-lain.
Semoga dengan 4 tips di atas, Anda dapat meningkatkan loyalitas pelanggan di Instagram. Selamat mencoba!
Editor : Supriyono
Artikel Terkait