Mudah Dilakukan, Ini 7 Cara Memperbaiki Aki Kering yang Soak Dengan Benar

Dean Ismail
Aki Kering yang Soak. (iNews.id)

BATU, iNews.id - Sama seperti baterai ponsel, aki mobil bisa juga kehabisan daya saat kering. Tersebut kenapa Anda perlu mengetahui cara memperbaiki aki kering sebagai antisipasi bila mengalami masalah ini.

Aki adalah bagian terpenting pada kendaraan yang berfungsi menyimpan energi untuk mesin motor dan mobil. Baik jenis aki kering atau aki basah, keduanya membutuhkan satu cairan khusus untuk berfungsi.

Nah, seiring dengan penggunaannya, air aki dapat mengering dan membuat fungsi kelistrikan kendaraan terhambat, dan dapat membuat kendaraan tidak berfungsi.

Anda sebaiknya mengetahui bagaimana cara memperbaiki aki kering yang benar supaya kendaraan Anda tidak bermasalah nantinya. Oleh karena itu, simak yuk beberapa cara memperbaiki aki kering dan soak yang mudah dilakukan berikut ini.

Alat yang Dibutuhkan untuk Memperbaiki Aki Kering

Sebelum masuk ke cara memperbaiki aki kering, ada banyak peralatan penting yang harus Anda siapkan, seperti :

  • Obeng minus dan obeng plus untuk membuka aki
  • Pisau dapur atau pisau jenis apa pun. Bisa juga diganti gergaji.
  • Selotip untuk merekatkan aki
  • Suntikan untuk mengisi air aki
  • Kain lap bekas untuk membersihkan tetesan air aki
  • Air aki isi ulang kering dan basah (zuur)

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Soak

Berikut langkah-langkah memperbaiki aki kering soak yang bisa Anda terapkan secara mudah:

1. Lepas Aki dari Tempatnya

Jika semua alat dan bahan sudah siap, Anda bisa langsung mencoba cara memperbaiki aki kering yang soak ini. Pertama kali, lepaskan lebih dulu aki dari boksnya pada motor atau mobil Anda.

Caranya cukup mudah, kamu dapat mulai dengan melepaskan kutub positif (+) dulu kemudian diikuti dengan kutub negatif (-). Ini dilakukan supaya tidak timbul percikan api yang disebabkan oleh sentuhan kutub negatif (-) dengan logam pada kendaraan.

2. Bersihkan Aki dengan Kain Lap

Aki yang digunakan pada kendaraan pasti akan menjadi kotor seiring dengan durasi penggunaannya. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan aki dengan lap kering atau lap yang sedikit dibasahi supaya semua kotorannya hilang.

Anda bisa juga membersihkan bagian dalam aki kering dengan air panas agar kerak dan kotoran di bagian dalamnya dapat hilang dan fungsi baterainya kembali normal.

3. Buka Penutup Aki dengan Obeng Gergaji


Aki Kering. (sindonews.com)

Sesudah aki dibongkar dan dibersihkan, mencari bagian-bagian yang memiliki info "Do Not Open" pada badan aki.

Selanjutnya, gunakanlah obeng atau pisau untuk membuka bagian bertuliskan "Do Not Open" itu yang ada di sisi atas, samping, dan belakang penutup aki. Ingat, cara memperbaiki aki kering ini perlu dilakukan dengan hati-hati agar penutup dan boks aki tidak rusak.

4. Isi Air Aki (Zuur) hingga Penuh

Cara memperbaiki aki kering selanjutnya yakni Anda tinggal isi ulang air aki (zuur) pada keenam lubang accu yang ada. Pastikan Anda isi air aki sesuai kebutuhan motor atau mobil ya. Jangan lebih apalagi kurang.

5. Lakukan Pengujian Pefrorma Aki

Langkah terakhir yaitu menguji performa aki yang sudah diisi ulang dengan air aki (zuur) dan telah dicas ulang hingga penuh. Anda perlu mencatat berapa besar tegangan sebelum air diperbaiki dan berapa besar tegangannya setelah aki diperbarui.

Bila tegangan aki sesudah diperbaiki tidak sama atau bahkan lebih rendah, artinya aki tersebut mengalami kerusakan.

6. Pakai Kabel Jumper

Cara memperbaiki aki kering selanjutnya bisa dengan memanfaatkan kabel jumper. Alat ini umumnya telah dimiliki oleh beberapa pemilik kendaraan. Bila tidak ada, Anda dapat mendapatkannya di toko otomotif terdekat. Tetapi, Anda membutuhkan bantuan kendaraan lain untuk melakukan trik ini.

7. Pakai Charger Transformer

Cara memperbaiki aki kering yang terakhir yaitu dengan menggunakan alat bernama charger transformer. Bagi Anda yang belum tahu, charger transformer ialah alat yang seperti mesin trafo dan menghasilkan listrik untuk memperbaiki aki. Alat ini akan membantu Anda dalam mengisi aki yang kering secara otomatis.

Itulah cara memperbaiki aki kering yang soak dengan benar dan mudah. Semoga berguna!

Editor : Supriyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network