5 Sungai Paling Tercemar di Dunia, Sangat Kotor dan Mengerikan!

Dean Ismail
Sungai Paling Tercemar di Dunia. (okezone.com)

3. Sungai Gangga, India

Dianggap sebagai sungai paling suci dalam agama Hindu, Sungai Gangga berasal dari gletser Gangotri di Himalaya barat dan mengalir melalui dataran Gangga di India Utara. Kemudian memasuki Bangladesh dan bermuara dengan Teluk Benggala.

Pada tahun 2007, Gangga menduduki peringkat sebagai salah satu dari lima sungai paling tercemar di dunia. Polutan berkisar dari limbah industri beracun sampai limbah dan plastik.

Menurut sebuah studi baru-baru ini oleh Dewan Riset Medis India (ICMR), Sungai Gangga begitu penuh dengan polutan beracun sehingga orang-orang yang tinggal di dekat tepiannya lebih rentan terkena kanker.

4. Sungai Marilao, Filipina

Sungai Marilao mengalir melalui Metro Manila di Filipina. Polusinya adalah penyebab utama keprihatinan baik untuk pemerintah Filipina atau dunia. Beberapa benda berbahaya yang tidak dapat didaur ulang seperti botol plastik, sandal karet, dan lain-lain, banyak ditemukan mengambang di sungai.

Selain itu, segala jenis produk limbah industri beracun dibuang ke sungai setiap hari dan sampah rumah tangga dibuang dalam jumlah yang luar biasa. Ini sudah membuat air sungai terinfeksi, dan karena itu berbahaya.

5. Sungai Yordan, Israel

Sungai ini membuat batas timur Negara Israel dan batas barat Yordania. Sungai ini percaya tempat Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis. Keadaan saat ini agak memprihatinkan.

Pada tahun 1964, pemerintah Israel membuat bendungan di sungai, yang mengganggu ekosistemnya. Sekarang, airnya terkontaminasi oleh sejumlah besar limbah yang tidak diolah, sehingga tidak hanya merusak sungai tersebut, tapi juga mengeluarkan bau busuk. Pembuangan hasil pertanian ke sungai menjadi salah satu penyebab utama yang memprihatinkan.

Nah itulah sungai paling tercemar di dunia yang sangat kotor dan beracun. Semoga bermanfaat!

Artikel ini sebelumnya telah tayang di sindonews dengan judul "4 Sungai Paling Tercemar di Dunia, Nomor 3 Dikenal Sebagai Sejarah Peradaban".
 

Editor : Supriyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network