11 Bunga Langka di Indonesia Dilindungi Akan Keindahannya yang Jarang Ditemui

bayu pratama
Bunga Langka di Indonesia. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Selaku negeri dengan daerah yang luas, membuat Indonesia mempunyai bermacam- macam tipe flora. Bermacam tipe tanaman berkembang produktif di tanah nusantara, walaupun tidak sedikit spesies tumbuhan yang dikategorikan sangat jarang serta nyaris punah. Jarang ditemui bunga langka di Indonesia dilindungi akan keindahannya. 

Salah satunya merupakan tipe bunga- bungaan yang populasinya mulai menyusut serta susah ditemui. Upaya proteksi dari pemerintah, warga dan lembaga peduli hutan serta lingkungan harus ditingkatkan supaya bunga- bunga langka di Indonesia senantiasa lestari, terpelihara serta bebas dari kepunahan.

Resiko kepunahan tidak cuma dialami oleh tanaman yang mempunyai manfaat berupa kayu ataupun isi yang lain. Bermacam bunga di Indonesia pula tengah mengalami ancaman keberlangsungan hidup di alam, baik sebab aspek natural ataupun akibat aktivitas manusia.

11 Bunga Langka di Indonesia Dilindungi Akan Keindahannya

1. Bunga Bangkai

Mendengar namanya bisa jadi kita hendak terbayang dengan bau- bau tidak nikmat. Memanglah benar, bunga bangkai mempunyai aroma yang tidak lezat, seluruh orang yang berada didekatnya tidak hendak betah berlama- lama di dekat bunga ini.

Bungai bangka bisa berkembang maksimal sampai ketinggian menggapai 5 m serta diameter bunga 1, 5 m. Bunga ini sanggup menyesuaikan diri diberbagai tempat serta tercantum tanaman parasit. Tetapi saat ini bunga bangkai dikabarkan sudah susah ditemui di hutan alam.

2. Rafflesia Arnoldi

Bunga ini memanglah nampak lumayan indah. Campuran warna merah, kuning dan oranye membuat orang tertarik buat melihatnya. Tetapi bunga pula menciptakan aroma yang tidak nikmat semacam halnya bunga bangkai.

Raflesia Arnoldi berkembang serta tumbuh di wilayah hutan Sumatra semacam Bengkulu, Jambi serta pula Sumatra Selatan. Bunga yang ditemui oleh Sir Thomas Stamford Raffles ini populasinya terus menjadi menurun serta terancam punah.

Untuk yang ingin melihatnya secara langsung, kita dapat tiba ke taman nasional di Sumatera, semacam Taman Nasional Gunung Kerinci. Salah satu pemicu bunga ini terancam punah merupakan sebab umurnya yang pendek dan perkembangbiakkan yang susah.

3. Anggrek Hartinah

Bunga dengan nama ilmiah Cymbidium Hartinahiahium mempunyai wujud serta rupa yang sangat indah, sehingga banyak pengoleksi tumbuhan hias menjadikannya selaku hiasan di rumah.

Anggrek Hartinah dikabarkan banyak berkembang di pulau Sumatra pada masa 1976. Tetapi dikala ini bunga hartinah mulai susah buat ditemui. Penamaan anggrek hartinah berasal dari istri mantan Presiden Soeharto. Oleh karena itu, terkadang bunga ini pula diucap selaku bunga Tien Soeharto.

Karakteristik dari bunga anggrek spesial ini merupakan daunnya yang berupa semacam pita runcing, dan bunganya mirip semacam bintang serta mempunyai kelopak bercorak merah kecoklatan. Tidak hanya itu, ada semburat warna kuning di bagian tepi kelopak membuatnya terus menjadi menarik.

4. Edelweiss Jawa

Bunga Edelweiss Jawa pula jadi salah satu bunga sangat jarang di Indonesia. Ini jelas jadi perihal yang menyedihkan spesialnya untuk para pecinta alam serta tanaman.

Tadinya tanaman ini banyak ada di gunung- gunung di Pulau Jawa dengan ketinggian antara 800 sampai 3, 400 mdpl, semacam di gunung Gede, Gunung Papandayan, Gunung Rinjani sampai wilayah Bromo. Berita terkini, bunga Edelweiss Jawa di kawasan Taman Nasional Bromo dikabarkan sudah punah.

Bunga edelweiss diketahui sebagi bungai abadi sebab sanggup bertahan hidup dalam jangka panjang serta tidak gampang rusak. Kelangkaan bunga bercorak putih dengan banyak cabang ini diprediksi sebab aktivitas pendaki gunung yang kerapkali memetik bunga edelweiss.

Editor : Supriyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network