8 Cara Merawat Ikan Koki Agar Tak Mudah Mati yang Perlu Diketahui

bayu pratama
Cara Merawat Ikan Koki. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Cara merawat ikan koki agar tak mudah mati nyatanya relatif mudah. Tinggal memerhatikan perinci kecil, ikan lucu ini hendak hidup bertahun- tahun! Salah satu tipe ikan hias air tawar yang kerap dipelihara warga luas merupakan ikan mas koki.

Rupanya yang menawan serta wujudnya yang menggemaskan, jadi energi tawar dari ikan hias yang satu ini. Tetapi demikian, tak tidak sering ikan koki yang dipelihara malah mudah mati.

Paling utama untuk pendatang baru yang baru memeliharanya di dalam akuarium ataupun aquascape. Persoalannya merupakan terletak dari cara merawat ikan koki. Sebagian dari mereka, tidak memiliki pengetahuan yang lumayan dikala memeliharanya.

Cara pas merawat ikan koki agar tak mudah mati, spesialnya untuk pendatang baru. Sesungguhnya, sih, lumayan mudah, asal kalian bisa memerhatikan perihal perinci, ikan koki peliharaanmu hendak hidup bertahun- tahun. Mengutip bermacam sumber, ini ia pembahasan sepenuhnya!

Cara Merawat Ikan Koki

1. Memakai Air yang Baik

Cara merawat ikan koki awal merupakan memilah tipe air yang bermutu. Air bermutu untuk ikan koi dikatakan bagus, bila memiliki penanda:

  • pH air antara 7, 0 hingga 8, 0;
  • Temperatur sempurna 20 hingga 25 derajat celcius.

Agar tak rumit, kalian dapat memakai air tanah, karena tipe air itu relatif bagus serta sesuai untuk berkembang kembang ikan mas koki.

2. Dimensi Akuarium

Setelah itu kalian wajib memilah dimensi akuarium yang pas. Bagi bermacam sumber, aspek ini sering disorot sebab dapat jadi aspek lama tidaknya ikan koki hidup.

Dimensi sempurna ikan koki dalam satu akuarium merupakan memiliki panjang 80 centimeter, lebar 40 centimeter, serta besar 30 centimeter. Hendak namun, dimensi di atas tak bisa dijadikan patokan, kalian wajib menyesuaikannya dengan jumlah ikan yang hendak dipelihara.

3. Harus Memakai Filter di dalam Akuarium

Dikala membuat akuarium buat ikan koki, kalian wajib memenuhinya dengan sistem filter yang baik. Filter ini berperan buat menyaring kotoran ikan serta mengurainya jadi zat yang tak beresiko.


Cara Merawat Ikan Koki. (okezone.com)

4. Memenuhi dengan Bermacam Aksesori

Cara merawat ikan koki berikutnya merupakan memenuhi akuarium dengan bermacam aksesori. Macam aksesori tersebut berperan agar ikan koki merasa hidup semacam di habitat aslinya, aman, serta membuat tampilan akuarium makin menawan.

Saran aksesori yang bisa kalian isi di dalam akuarium, antara lain:

  • Lampu: buat menghantarkan panas ke dalam akuarium;

Berikan alas di dalam akuarium, semacam kerikil: tujuannya agar ikan merasa hidup di habitat aslinya;

  • Tumbuhan air: berperan buat membuat cantik akuarium serta berakibat pada berkembang kembang ikan mas koki;

Pakai penutup akuarium: perlengkapan ini digunakan buat menghindari ikan melompat serta agar debu dari luar tak masuk.

5. Jauhi Menggabungkan dengan Tipe Ikan yang Lain

Satu perihal yang mesti kalian perhatikan merupakan: menjauhi mengombinasikan tipe ikan lain dengan mas koki. Alasannya, ikan koki tercantum ikan hias yang tenang serta kurang sesuai‘ berteman’ dengan ikan yang lain. Terlebih bila ikan kombinasi itu relatif kasar, koki peliharaanmu hendak kilat mati.

6. Perhatikan Keadaan Air

Ikan mas koki tercantum ke dalam tipe ikan yang menciptakan banyak kotoran. Oleh sebab itu, kalian wajib giat mengubah air di dalam akuarium. Panduan pendek yang dapat kalian coba dikala mengubah air akuarium ikan koki yakni:

  • Jangan membuang seluruh air;
  • Ubah air dekat sepertiga dari kolam;

Saat sebelum ditukar dengan yang baru, yakinkan air telah didiamkan terlebih dahulu sepanjang sebagian hari.

7. Melindungi Kebersihan Akuarium

Perihal yang tak kalah berarti yang lain merupakan melindungi kebersihan di dalam akuarium. Tidak hanya mensterilkan dari kotoran ikan, akuarium wajib bersih dari lumut, alga, sampai lendir.

8. Berikan Pakan Bermutu buat Ikan Koki

Lumayan beri makan ikan mas koki peliharaan satu hari sekali. Sebagian saran pakan ikan koki yang natural serta baik untuk pertumbuhannya, ialah:

  • Kutu air
  • Cacing sutra
  • Jentik nyamuk
  • Pelet. 

Itulah cara merawat ikan koki agar tak mudah mati yang perlu diketahui. Semoga berguna dan bermanfaat!

Editor : Supriyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network