7 Cara Merawat Ikan Arwana Agar Warna Bagus dan Berumur Panjang

bayu pratama
Cara Merawat Ikan Arwana. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Ikan arwana terkategori ke dalam tipe hewan peliharaan yang mempunyai usia panjang. Dengan habitat yang cocok dan konsumsi santapan yang pas, usia ikan arwana peliharaan bisa menggapai 20 tahun.

Lebih lama daripada anjing ataupun kucing, kan? Apalagi pada sebagian permasalahan yang belum terkonfirmasi, ikan arwana pula mampu bertahan hidup sampai nyaris 50 tahun.

Merawat arwana komitmen yang panjang buat menggapai usia tersebut. Nah, mengutip dari bermacam sumber, berikut kumpulan panduan merawat ikan arwana agar bercorak bagus dan usianya panjang.

7 Cara Merawat Ikan Arwana Agar Warna Bagus dan Berumur Panjang

1. Mempersiapkan Akuarium buat Arwana

Bukan cuma selaku habitat tempat tinggalnya saja, Sobat Pintar pula dapat mempersiapkan akuarium arwana agar terus menjadi menimbulkan warna dan keindahannya, lho.

Tidak hanya itu ada pula sebagian aspek keamanan dan kesehatan yang wajib dipadati buat keberlangsungan hidup ikan arwana di dalam akuarium, semacam:

Ikan arwana yang terkategori lumayan besar memerlukan akuarium dengan ukuran yang membolehkan mereka bergerak leluasa. Buat tipe ikan arwana besar( arwana Amerika Selatan) memerlukan akuarium berdimensi 180 x 76 x 60 centimeter. Sedangkan buat ikan arwana kecil( arwana Asia dan Australia) memerlukan akuarium berdimensi 120 x 60 x 60 centimeter.

Akuarium wajib memakai material cermin tebal disebabkan ikan arwana mempunyai tenaga yang lumayan buat membongkar cermin dengan ketebalan kurang dari 12 milimeter.

Sajikan penutup akuarium guna menghindari ikan arwana melompat akibat nalurinya buat mencari mangsa di permukaan air. Lapisi penutup dengan material berbentuk jaring halus, agar bila arwana melompat tidak melukainya dikala berbenturan dengan material keras.

Jauhi pemakaian substrat ataupun dasaran akuarium berbentuk pasir ataupun batu, disebabkan bisa menimbulkan penimbunan kotoran arwana yang berisiko beracun untuk mereka.

Jauhi pemakaian tumbuhan dan riasan dalam air sebab berisiko melukai sirip arwana yang diketahui mempunyai pergerakan lincah dengan badannya yang besar. Bila membolehkan, beri hiasan berbentuk tumbuhan terapung guna menghindari sikap melompatnya.

Sajikan 2 tipe sinar pada akuarium buat arwana. Awal viewing light berbentuk lampu LED buat membagikan penerangan pada akuarium. Kedua tanning light yang berperan buat menimbulkan warna arwana, misal lampu LED bercorak ungu ataupun merah muda buat tipe ikan arwana luar biasa red.

Pakai air tawar buat arwana dengan parameter berbentuk isi amonia( NH4) 0 ppm, nitrit( NO3) 0 ppm, dan nitrat( NO4) 40 ppm. Atur temperatur air berkisar 30 derajat Celcius dan kandungan pH air dekat 6. 0- 7. 0 ataupun sedikit asam buat menimbulkan warna arwana.

Persiapkan filter air yang sanggup menyaring air akuarium dalam jumlah besar. Perihal ini disebabkan arwana terkategori tipe ikan besar yang menciptakan banyak kotoran. Berarti buat menyaring kotoran sebab terdapatnya resiko beracun untuk kehidupan ikan.


Cara Merawat Ikan Arwana. (sindonews.com)

2. Seleksi Santapan Arwana Cocok Kebutuhannya

Arwana terkategori ke dalam hewan karnivora yang menjadikannya predator di alam liat. Pada habitat aslinya, ikan arwana memangsa ikan kecil dan serangga buat penuhi kebutuhan proteinnya.

Selaku hewan peliharaan, terdapat sebagian tipe santapan ikan arwana yang dapat diberikan. Awal terdapat santapan berbentuk pelet yang dikhususkan buat tipe ikan karnivora. Setelah itu terdapat santapan hidup ataupun telah dibekukan, semacam ikan kecil, jangkrik, cacing, dan udang.

Sebagian panduan merawat ikan arwana paling utama dalam membagikan makannya merupakan yakinkan kalian menjauhi serangga dengan cangkang tebal dan tajam, spesialnya buat arwana anak muda.

Buat jatah makan ikan arwana masing- masing harinya, kalian dapat membagikan 2- 3 kali per hari buat arwana anakan sampai anak muda dan 1 kali per hari buat arwana berusia.

3. Teratur Memelihara Habitat Arwana

Pemeliharaan akuarium selaku habitat arwana sangat berarti guna melindungi kelangsungan hidupnya. Semacam PetPi sebutkan dalam poin awal, ikan arwana menciptakan kotoran dalam jumlah besar sehingga rentan keadaan air jadi tidak cocok dengan kebutuhannya

Ada pula kotoran tadi bisa menciptakan sebagian zat, semacam amonia, nitrit, dan nitrat yang beresiko dan berisiko beracun. Ada pula tipe- tipe pemeliharaan buat melindungi keadaan akuarium, di antara lain:

  • Setiap hari: Pengecekan filter, temperatur air, dan keadaan akuarium beserta seluruh aksesorisnya.
  • Mingguan: Pengukuran pada mutu air dan isi di dalamnya paling tidak seminggu sekali.
  • Bulanan: Ubah 10- 20% air dalam akuarium dengan air baru per pekan bila diperlukan. Tidak hanya itu, kalian pula dapat mengubah 25% dari total air paling tidak 2- 4 pekan sekali.

4. Pisahkan Arwana dari Ikan Lain

Arwana spesialnya yang telah berumur berusia tidak hanya mempunyai dimensi badan besar, pula hendak bertabiat teritorial dan hendak gampang tersendat apabila terdapat yang mengusik wilayahnya.

Hingga hendaknya pisahkan ikan arwana dengan tipe ikan lain, tercantum buat arwana sejenisnya sebab bisa silih melanda, lho. Bila arwana hendak disandingkan dengan ikan lain, sebagian orang menganjurkan tipe ikan berdimensi lebih besar dibandingkan mereka. Dan yang terutama memilih ikan yang lebih besar dengan ciri jinak buat tidak menggertak arwana, semacam ikan lele besar, bass merak, dan yang lain.

5. Perhatikan Keadaan Arwana Ideal

Sehabis kalian membenarkan hal- hal di atas terpenuhi dikala kalian memelihara ikan arwana, sepatutnya peliharaan kalian saat ini lagi dalam keadaan sehat dan sempurna.

Sebagian karakteristik yang menunjukkan ikan arwana dalam keadaan sempurna semacam, mata terang, makan dengan penuh semangat, berenang ke permukaan air, dan warna terang berkilau.

Tidak hanya keadaan habitat dan makanannya, kalian pula mesti mencermati aspek eksternal. Salah satunya merupakan memelihara arwana di posisi yang aman dan jauh dari kebisingan. Disebabkan bisa menimbulkan ikan arwana tekanan pikiran yang berujung pada munculnya beberapa penyakit.

6. Tingkatkan Penampilan Arwana

Terdapat sebagian tata cara yang bermanfaat buat menaikkan mutu penampilan ikan arwana di dalam akuarium, di antara lain merupakan tanning dan membuat arus buatan. Tanning ialah suatu tata cara yang dicoba buat tingkatkan warna ikan arwana, paling utama buat tipe ikan arwana luar biasa red.

Buat melaksanakan salah satu cara memelihara ikan arwana agar penampilannya menarik ini merupakan dengan memakai tanning light yang dipersiapkan dalam akuarium sedari dini.

Pakai pula latar belakang akuarium bercorak polos agar ikan arwana nampak jelas dan lebih nikmat ditatap. Banyak golongan memilah latar belakang gelap ataupun biru hitam.

Kalian dapat meletakkan tanning light di satu sisi bagian akuarium dengan cara menempelkannya langsung ke cermin akuarium. Perawatan ikan arwana di segi penampilan pula dapat dicoba dengan meningkatkan arus buatan di dalam akuarium.

Perihal ini bertujuan mengibarkan ekor dan sirip ikan arwana dikala berenang dalam akuarium. Sehingga seakan- akan mereka mempunyai ekor dan sirip yang nampak panjang.

7. Tahu Permasalahan Kesehatan Universal pada Arwana

Sebagian permasalahan kesehatan universal ditemui pada arwana, semacam busuk sirip, jamur, peradangan kuman, dan penyakit bintik putih( ich). Biasanya ikan arwana hendak menampilkan sebagian indikasi, misal kehabisan nafsu makan, bercak di badan ataupun mulut, kelesuan, mata keruh, sirip berganti warna, kembung, dan berenang tidak menentu.

Cara merawat ikan arwana dalam keadaan ini pasti hendak lumayan susah ditangani oleh pendatang baru. Lekas memohon dorongan ahli ataupun dokter hewan buat memperoleh penindakan yang pas. Semoga berguna dan bermanfaat!

Editor : Supriyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network