Tiga Kampus Favorit di Malang yang Bisa Menjadi Pilihan untuk Lanjut ke Jenjang Perguruan Tinggi

Ahmad Didin
Kampus Brawijaya Malang (foto: iNewsBatu.id/dok.UB)

BATU, iNewsBatu.id - Salah satu permasalahan yang kerap terjadi menjelang akhir masa SMA adalah bingung memilih universitas/kampus. Mengambil keputusan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi merupakan langkah besar yang memerlukan pemikiran matang. 

Dengan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, tentunya kamu dapat meningkatkan ilmu dan memperluas peluang untuk berkarir di berbagai perusahaan.  

Memilih kampus atau universitas yang sesuai setelah menyelesaikan SMA/SMK adalah suatu proses yang harus dipertimbangkan dengan baik. Bagi kamu yang ingin memilih kampus Favorit yang ada di Malang berikut 3 kampus terbaik di Malang.

1. Universitas Brawijaya (UB) 

UB menduduki peringkat pertama sebagai universitas terbaik di Malang. UB adalah universitas negeri yang menawarkan berbagai program sarjana, magister, dan doktoral di berbagai bidang ilmu, termasuk kedokteran, hukum, teknik, pertanian, dan seni. UB memiliki kampus yang luas dan asri, serta fasilitas yang lengkap.

Universitas Brawijaya (UB) didirikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui kawat no. 258/K/61 dikirim pada tanggal 11 Juli 1961. Nama Brawijaya ini diambil dari gelar RajaRaja Majapahit, sebuah kerajaan besar di Indonesia dari abad ke12 hingga ke15. Kemudian, UB berubah status menjadi universitas negeri pada tanggal 5 Januari 1963, menyusul Keputusan Presiden yang dikeluarkan pada awal tahun yang sama.

 

2. Universitas Negeri Malang (UM) 

UM berada di peringkat kedua sebagai universitas terbaik di Malang. UM juga merupakan universitas negeri yang terkenal dengan program pendidikan guru yang berkualitas. Selain itu, UM juga menawarkan berbagai program sarjana dan pascasarjana lainnya.

 

3. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

UMM adalah universitas swasta terbaik di Malang. UMM terkenal dengan keunggulannya dalam bidang ilmu kesehatan dan sosial. Selain itu, UMM juga menawarkan berbagai program sarjana dan pascasarjana lainnya.

Perguruan tinggi lain yang juga bisa kamu pertimbangkan adalah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki), Universitas Islam Malang (UNISMA), dan Universitas Merdeka Malang (UNMER).

Untuk memilih universitas yang tepat, kamu bisa mempertimbangkan beberapa faktor, seperti:

a. Program studi yang ditawarkan.

b. Biaya kuliah

c. Lokasi kampus

d. Fasilitas kampus

e. Reputasi universitas

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, kamu bisa memilih universitas yang paling sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network