Kisah Legenda Gunung Tidar yang Dianggap Pakunya Tanah Jawa Dahulu Menjadi Tempat Jin dan Demit

Rina Anggraeni
Gunung Tidar Magelang (Foto: Wikipedia)

BATU, iNewsBatu.id - Gunung Tidarjadi salah satu tempat yang dianggap sakral di daerah Jawa sehingga memiliki beberapa nama julukan untuk wilayah tersebut. Lantas, kenapa Gunung Tidar disebut pakunya Tanah Jawa?

Ternyata hal itu dikarenakan kepercayaan masyarakat sekitar. Sebab, mitosnya Gunung Tidar hanya dihuni oleh bangsa jin dan setan.

Suatu ketika sampailah berita kekosongan pulau jawa dari manusia itu kepada Sultan Turki. Kemudian sang sultan mengutus Syeikh Subakhir untuk bernegosiasi dengan Kyai Semar.

Kyai Semar dikenal sebagai penguasa tanah Jawa, ia merupakan jelmaan dewa golongan putih yang bertapa di gunung tidar selama 1001 tahun lamanya.

Syeikh Subakhir datang ke pulau Jawa dan bertemu Kyai Semar untuk memindahkan jin jahat yang ada di Gunung Tidar, membawa penduduk supaya pulau Jawa tidak kosong dari manusia dan menyebarkan agama Islam.

Menurut cerita legenda, Pulau Jawa diciptakan oleh sang Maha Pencipta berupa daratan yang terapung di lautan luas dan daratan itu selalu bergerak.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network