Petik Laut Desa Kalibuntu, Pj Bupati Ugas Lepas Prosesi Larung Sesaji

Saifullah
Petik Laut Desa Kalibuntu, Pj Bupati Ugas Lepas Prosesi Larung Sesaji (Foto: iNewsBatu.id/Saifullah)

PROBOLINGGO, iNewsBatu.id – Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo H. Ugas Irwanto secara resmi melepas prosesi larung sesaji ke tengah laut dalam kegiatan petik laut di Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo, Senin (22/7/2024).

Prosesi larung sesaji yang menggunakan sebuah perahu khusus ini dipadati oleh ribuan warga Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Bahkan mereka sudah menunggu sejak pagi hari dan rela berpanas-panasan untuk menyaksikan dari dekat proses larung sesaji tersebut.

Perahu yang berisikan sesaji berupa kepala sapi dan beberapa hasil bumi ini diangkat oleh beberapa warga untuk diturunkan ke pantai yang selanjutnya di larung ke tengah laut sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT . 

Turut mendampingi Pj. Bupati Ugas, Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana, perwakilan Kodim 0820 Probolinggo, Forkopimka Kraksaan dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Kepala Desa Kalibuntu Khairul Anam menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan baik nelayan, pedagang dan sebagainya. Sebab tanpa dukungan yang baik, tidak mungkin petik laut ini akan terlaksana dengan baik.

“Semoga di momentum petik laut ini kita masyarakat Desa Kalibuntu bisa tetap menjaga silaturahim, kebersamaan dan kekompakan. Karena dengan begitu, ikhtiar kita menjadi desa maju akan tercapai,” ungkapnya.

Khairul menerangkan kegiatan petik laut ini merupakan yang ketiga kalinya dimasa jabatannya sebagai Kepala Desa Kalibuntu. “Petik laut ini dilakukan untuk memenuhi keinginan dari masyarakat, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta nelayan agar bisa melestarikan dan menjaga apa yang sudah menjadi tradisi nenek moyang kita berupa selamatan desa atau petik laut,” jelasnya.

Sementara Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan larung sesaji petik laut merupakan salah satu wujud syukur atas karunia Allah SWT. Kegiatan ini harus terus dilestarikan sebagai salah satu kekayaan budaya dan kearifan lokal.

“Kita telah banyak mendapat berkah dari laut, maka menjadi tanggung jawab kita bersama untuk dapat memelihara kelestarian laut. Saya mengimbau agar kita bersama-sama menjaga ekosistem di laut dengan tidak merusak terumbu karang dan membuang sampah di laut,” katanya.

Menurut Pj Bupati Ugas, ke depan keberadaan laut ini harus dijaga. Masyarakat jangan hanya mengambil ikan-ikan maupun sumber daya alam dari laut saja, tetapi juga menjaga ekosistemnya termasuk terumbu karangnya. Harapannya ke depannya ini semuanya harus terus terjaga, termasuk salah satunya yang berkaitan dengan sampah. 

“Saya meminta agar setelah kegiatan petik laut ini, lautnya harus dibersihkan. Jika laut bersih dari sampah, bukan hanya mendapatkan ikan saja, tetapi juga bisa menjadi sebuah wisata. Apalagi jika bisa dikelola dengan baik oleh BUMDes,” jelasnya.

Pj Bupati Ugas menerangkan laut di Desa Kalibuntu ini memiliki potensi yang bisa dikembangkan menjadi wisata laut. Terlebih jalannya sudah lebar dan parkir-parkir mobil sudah bisa masuk. “Ada potensi kalau memang mau untuk mengembangkan menjadi wisata laut,” terangnya.

Tidak lupa Pj Bupati Ugas menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa Kalibuntu dan semua elemen masyarakat yang telah mendorong terbangunnya suasana kondusif di Desa Kalibuntu. “Hanya dalam suasana yang aman, tentram dan damai larung sesaji petik laut ini bisa terlaksana dengan baik,” pungkasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network