Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Deklarasi Bebas ODF

Arief Yuda
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, dr. Sandy Hendrayono. (Foto. Istimewa)

SITUBONDO, iNewsBatu.id - Saat ini masyarakat Situbondo mulai sadar sehingga yang buang air besar (BAB) sembarangan cukup minim, karena hal tersebut membuat lingkungan tercemar dan dapat menimbulkan penyakit.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Situbondo, dr. Sandy Hendrayono, saat menggelar deklarasi bebas ODF di Pendopo Aryo Situbondo, Rabu (07/08/2024) kemarin. ODF atau open defecation free adalah sejenis kampanye stop BAB sembarangan.

"Tim survei ODF yang menilai Situbondo bebas dari kasus ODF ini dilakukan oleh tim verifikator dari Pemprov Jatim. Jadi tim yang turun kelapangan selama beberapa hari untuk melakukan survei itu tim verifikator Pemprov Jatim," bebernya.

Menurutnya, warga tidak BAB sembarangan dengan cara melakukan survei di lapangan. Sasarannya itu ada 300 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 12 desa di enam kecamatan. Wilayah yang dituju mulai dari Situbondo bagian barat, tengah dan timur yang dilaksanakan selama lima hari.

Dokter Sandy juga meminta agar jajaran pemerintah daerah ikut berperan mencegah terjadinya kasus ODF. Bahkan, mereka diminta agar setiap camat, lurah dan kades untuk menjaga di lingkungan wilayahnya masing-masing.

“Mulai saat ini pihaknya meminta kepada camat, lurah dan kades menandatangani untuk menindak lanjuti hasil temuan tim verifikator, agar daerahnya tidak ada kasus ODF. Upaya yang bisa dilakukan bermacam-macam, seperti pembuatan jambanisasi,” imbuhnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network