Festival Musik Kebangsaan Meriahkan Peringatan BBKT ke-64 di Probolinggo

Ahmad Didin
Festival musik kebangsaan (Foto: iNewsBatu.id/Ahmad Didin)

PROBOLINGGO, iNewsBatu.id - Karang Taruna Kabupaten Probolinggo menyelenggarakan Festival Musik Kebangsaan yang meriah di Hutan Kota Kraksaan pada Minggu (29/9/2024) untuk memperingati Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) ke-64.

Acara ini dibuka dengan apel siaga yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo, H. Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si.

Tidak hanya festival musik, kegiatan ini juga diisi dengan berbagai acara lainnya seperti bazar UMKM, donor darah, pengobatan massal gratis, dan seleksi Karang Taruna Berprestasi 2024.

Apel siaga yang melibatkan ratusan siswa SMP, SMA, dan SMK di Kecamatan Kraksaan ini turut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Kepala OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo, perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, Camat Kraksaan, serta Forkopimka dan PMI Kabupaten Probolinggo.

Pada acara tersebut, Pj Bupati Ugas bersama Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo, Sigit Wida Hartono, menyerahkan bantuan sembako kepada penyandang disabilitas dan memotong tumpeng yang kemudian diberikan kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo dan perwakilan peserta apel.

Setelah memimpin apel, Pj Bupati Ugas meninjau stand bazar UMKM, donor darah, dan pengobatan massal, serta menyampaikan apresiasinya terhadap Karang Taruna.

"Karang Taruna adalah wadah yang penting bagi generasi muda untuk berkontribusi nyata di tengah masyarakat, terutama dalam bidang ekonomi kreatif seperti UMKM dan olahraga,” kata Ugas.

Ugas berharap, melalui kegiatan ini, para pemuda dapat terhindar dari hal-hal negatif seperti narkoba dan balap liar.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo, Sigit Wida Hartono, menyampaikan jika serangkaian kegiatan yang diadakan, termasuk Festival Musik Kebangsaan dan Lomba Kerapan Sapi, bertujuan untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan kreativitas di kalangan pemuda.

“Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk memupuk semangat jiwa karang taruna bagi seluruh pemuda di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Selain itu Sigit juga menyebut, ada juga penjaringan seleksi karang taruna berprestasi untuk persiapan lomba tingkat Provinsi Jawa Timur.

Dipilihnya Hutan Kota Kraksaan sebagai lokasi acara juga dimaksudkan sebagai upaya promosi destinasi rekreasi keluarga serta membuka peluang bagi UMKM untuk berkembang.

Sigit berharap, Hutan Kota Kraksaan menjadi tempat yang tidak hanya untuk rekreasi, tetapi juga sebagai ruang bagi pemuda menyalurkan bakat mereka di bidang musik dan seni, sekaligus meningkatkan ekonomi lokal.

“Kita menyediakan kegiatan-kegiatan yang positif bagi pemuda agar terhindar dari narkoba, miras dan kekerasan,” pungkasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network