Pemkab Probolinggo Terima Penghargaan Peduli Ketahanan Pangan 2024

Ahmad Didin
PJ Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto saat menerima Penghargaan (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNewsBatu.id - Dalam acara di JX International Convention Exhibition (Jatim Expo) Surabaya pada Rabu (16/10/2024), Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, menerima penghargaan Award Peduli Ketahanan Pangan tahun 2024 untuk kategori ketersediaan pangan.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia ke-44.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo, Hj. Rita Erik Ugas Irwanto, serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Probolinggo, Yahyadi, yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Ugas Irwanto menyampaikan jika penghargaan ini merupakan hasil kerja sama antara Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, dan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUPP).

Berbagai strategi telah diterapkan untuk menjaga ketahanan pangan, termasuk program gerakan menanam padi dan penambahan areal tanam (PAT) melalui pompanisasi.

“Pentingnya keterlibatan penyuluh pertanian dalam berbagai inisiatif sangat kami hargai,” ungkapnya.

Ugas juga menyebut, pihaknya telah mengeluarkan Peraturan Bupati untuk memastikan ketersediaan pangan tetap terjaga, dan saat ini stok pangan di Kabupaten Probolinggo cukup besar.

Ia menegaskan jika masyarakat tidak perlu khawatir akan kekurangan pangan dalam waktu dekat.

Ugas juga mengapresiasi dukungan dari semua elemen masyarakat, termasuk petani dan buruh tani. “Terima kasih kepada semua yang telah berkontribusi dalam menjaga ketersediaan pangan. Keberhasilan ini adalah hasil kerja keras bersama,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ugas menyatakan jika penghargaan ini menjadi motivasi bagi pemerintah daerah untuk terus berupaya menjaga ketahanan pangan demi kesejahteraan masyarakat dan keberlangsungan pangan yang lebih baik di masa depan.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Probolinggo, Yahyadi, menjelaskan, proses penghargaan ini dimulai sejak Juli 2024 dengan pengajuan proposal yang memenuhi semua persyaratan teknis.

“Kami berusaha maksimal mengumpulkan data dan melakukan presentasi kepada tim penilai pada 2 Oktober lalu, yang diikuti dengan kunjungan lapangan ke gudang cadangan pangan,” tuturnya.

Keberhasilan ini kata Yahyadi, menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Probolinggo dalam memastikan ketersediaan pangan. 

“Penghargaan ini bukan hanya sebuah apresiasi, tetapi juga pendorong untuk meningkatkan kualitas dan keberlanjutan program ketahanan pangan ke depan,” pungkasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network